Showing 26 Result(s)
Autumn Cheese Desserts European dish Food Kitchen Diary Recipes Salad Snack Asin/ Savoury Snacks Tomaten Unbaked Vegetables/ Sayuran Vegetarian

Corriander Tomato Finger Food

Finger Food Apa yang terlintas saat mendengar dua kata ini? Yesss!! This typical food mean to be eaten directly with finger instead fork, knife or spoon. Ringkees yaaakΒ  *ga perlu nambahin beban cupir (baca:cuci piring) Penyajiannya yang sak cumit cumit, sesuai dengan ukuran mulut memang daya tariknya. Porsi kecil begini kalo buat macem macem, dari …

Allgemein Asian Food Gorengan Kitchen Diary Recipes Snack Asin/ Savoury Snacks Sosis Sosis Solo Uncategorised

Sosis Solo

Sosis Solo

Kue tradisional yang gurih, seperti halnya risoles. Jika risoles kulit dadarnya menggunakan susu dan cenderung asin. Sosis solo menggunakan campuran santan agar gurih. Jadi inget dulu pertama kali buat sosis solo, bentuknya ga eye-catching banget hahahaterus hamil besar tetep terima pesenan 100 pcs sosis solo πŸ™„

Konon sejarahnya, sosis solo ini dibuat oleh orang solo yang melihat noni-noni Belanda di jamannya makan sajian berupa sosis. Mereka berinisiatif sendiri untuk membuat sosis yang isinya bukan sosis melainkan daging tanpa sayuran, bisa berupa daging sapi/ ayam cincang. Jadi memang sudah dari dulu, kalau rakyat kita itu memang kreatif, ya ga ? ^^’

Makanya jenis snack gurih /asin khas Indonesia ragamnya buanyaak banget πŸ™‚

Baca juga, snack asin lainnya:
Bolen pisang coklat
Martabak Telur
Pastel lapis
Asparagus Snack
(more…)

Anak/ Children Autumn Baked Banana Bread/ Roti Breakfast Cheese Chocolate Culinary Desserts Germany Indonesian Food Irit telur Roti Snack Asin/ Savoury Snacks Uncategorised Wheat Flour

Bolen Pastry Pisang Keju Coklat

Bolen Pisang Keju Coklat
Bolen Pisang Keju Coklat

Kenal merk β€œKartika Sari” atau β€œBawean” ?
Kalau belum kenal, berarti harus kudu liburan ke Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Kedua merek tersebut terkenal banget deh bolennya. Kalau aku masuk di selera Bawean, entahlah lebih buttery rasanya, eheheheh πŸ˜€

Bolen, snack khas ini biasanya dibuat dari adonan roti yang dilipat ala pastry. Membuatnya sendiri di rumah dengan pastry instan tentunya akan lebih mudah dan cepat saji, praktis !!

(more…)

Asian Food Autumn Chicken/ Ayam Cooking/ Baking Tutorial Culinary Desserts Food Frying Germany Indonesian Food Irit telur Kitchen Diary Martabak Meat/ Daging Recipes Roti Roti Goreng Snack Asin/ Savoury Snacks Traditional Uncategorised Wheat Flour

Martabak Telur Praktis ala abang abang

Martabak Telur

Penting ga sih nulis abang abang pada judul diatas?? Jadi sebenernya kangen martabak atau abang abangnya?? :mrgreen:

Yaaah pokoknya hasil martabak ini lebih enak daripada si abang abang jualan *buatsendirimujisendiri

Nama martabak, berasal dari bahasa Arab : Ω…Ψ·Ψ¨Ω‚, yang artinya “terlipat” , sajian yang biasa ditemukan di Arab Saudi (terutama di wilayah Hijaz), Yaman, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei. Dan tentunya komposisi isi dan namanya bervariasi bergantung dari khas daerah tersebut.

Disini, di Jerman, manalah aku ketemu tukang martabak, tukang roti sama tukang bunga, naah baru ada !Β  πŸ˜€

Kangen dong? Pastinya !! Jadi kalo pengen yaaa kudu buat sendiri. Kulit martabak biasanya lentur, mudah ditarik, dilempar lempar biar melebar ala tukang martabak, pernah juga aku mencoba membuat sendiri.
(more…)

Asian Food Culinary Food Frying Indonesian Food Kitchen Diary Pan Frying Recipes Rice/ Nasi Sayuran Seafood/ Hasil Laut Snack Asin/ Savoury Traditional Uncategorised Vegetables/ Sayuran

Nasi Goreng Cumi

Siapa sih yang ga kenal nasi goreng? Pasti dong semua tau. Waktu kecil, menu ini bagiku ga ada yang spesial, karena mama buatnya hanya sekedar menghabiskan sisa nasi kemarin supaya ga mubazir. Jadi tau dong apa yang aku pikirkan saat lihat menu nasi goreng di rumah makan? Ya itu mereka jual nasi sisa ! Whuahahahahaha betapa lugunye dirikuuuuu… kalo inget jaman itu *garukgarukidung*

Ternyata berjodoh dengan pria penyuka nasi goreng, bukan suka atau favorit lagi, wuiiii semua menu ga bakal dilirik kalo udah disajiin nasi goreng hangat fresh from the kompor kenadehlumel, teruus teruus ya apa iya aku masakin nasi goreng dari nasi sisa? ya kadang iya kadang juga nggak, soalnya customernya kadang juga minta menu ini dengan sengaja. Yang bikin aku gerutu kalo lagi makan di luar, dengan santai doi lagi lagi memesan nasi goreng, hiyaaaaaaaaa tepokjidat

Banyak sih perbedaan antara aku dengan ayah soal makanan. Seperti, dulu aku ga suka makan tahu, ga doyan! lebih milih tempe deh daripada tahu, ternyata doi demennya tahu pake mbanget. Sekarang yaaa, otomatis aku suka keduanya. Ada lagi, aku ga terlalu suka makan ayam, akan lebih seneng makan ikan dari pada ayam dan ternyata doi hobby deh makan ayam dibuat menu apa aja, lalu sekarang yaaa ikut menikmati ayam walaupun bukan favorit banget πŸ˜‰

Ternyata jodoh itu memang saling melengkapi yak dan kesimpulannya membuat meja makan penuh dengan favorit masing masing hahahahaha penting banget ga siiiih. Hayooooo siapa yang juga kaya akuuuu???


Weekend kalau cuaca gak oke untuk keluar, kami memilih anteng di rumah atau jalan jalan sekitaran rumah. Weekend lalu sebelum datang bulan Ramadhan, aku membuat nasi goreng cumi dan sayuran.

Walaupun yang namanya masak itu hanya ukuran kira kira, kali ini akan aku coba susun rapih dan tuliskan, jadi kalo buat lagi, tinggal buka saja link nya.

Berikut resep yang aku gunakan yaaa…..

Nasi Goreng Cumi
(more…)

Allgemein Asian Food Cooking/ Baking Tutorial Desserts Frying Indonesian Food Kitchen Diary Pastry Recipes Snack Asin/ Savoury Snacks Traditional Uncategorised Vegetables/ Sayuran

Pastel Lapis isi sayuran

Pastel lagi lagii dan lagiii….

Savoury snack ini sering banget aku buat dan bawa kalo harus bawa potluck. Mungkin yang dibawain bosen kali yak, soalnya bawanya ini mlulu. Yaaa habis gimane dong, kalo bawa kue tradisional kan musti fresh ga bisa simpan di freezer, jadi mending buat ini aja πŸ˜‰ padahalmahdoyan

Kali ini pastel lapis aku isi sayuran wortel, kentang dan daun bawang yang dimasak tumis bawang putih tanpa bubuk kari dan isiannya pun aku tambahin telur rebus potong. Selain pastel lapis, pernah juga membuat pastel biasa yang berbentuk samosa, rasa ya tentu sama saja, hanya berbeda bentuk.

Pastel Lapis isi Sayuran

Ingredients:
Kulit
Bahan A
125 gr tepung terigu protein sedang (di Jerman aku menggunakan Weizenmehl type 405)
100 gr margarin (more…)

Food Indonesian Food Pasta/ Noodle/ Mie Seafood/ Hasil Laut Snack Asin/ Savoury Traditional Uncategorised

Mie Celor Palembang

Bismillahirrahmanirrahim…

Sudah menyiapkan menu berbuka? Disini waktu berbuka masih 10 jam lagi, jadi aku masih santai santai aja belum ke dapur πŸ˜€ Soalnya kalo urusan menu berbuka disiapkan terlalu dini, bakal harus manasin dan anget angetin lagi (red:malas).

Kali ini aku posting masakan palembang yang memang sudah lama aku buat tapi belum disusun rapih resepnya. Nah sekarang ditulis, supaya lain kali mau buat ga bingung cari dimana. Jangan heran kalau aku sering masak olahan ala sumatra yaaaa, karena memang besar di sumatra juga, jadi lidah akrab banget sama sambel terasi, pempek, lalapan, duren, dsb, asal jangan tempoyak aja, aku ga pernah ngerasain πŸ˜‰

Kebetulan di rumah ada stok kerang dan udang, jadi dibuat menu mie celor aja sekalian πŸ™‚

Yuuuk intip resepnya… <3

Mie Celor Palembang

Ingredients:
200 gram udang berkulit, direbus dengan 2 liter air, sisihkan udang, kupas kulit dan kepala masukkan kembali ke airnya untuk kaldu, masak hingga mendidih dan saring
100 gram kerang
150 gram mie basah, aku pakai spagetti, rebus dan tiriskan
2 tangkai daun bawang
1 sdt cabe kering bubuk kasar
(more…)

Allgemein Asian Food Cooking/ Baking Tutorial Fish Frying Indonesian Food Kitchen Diary Minyak olahan ikan/ Fish Pempek Potato Flour Recipes Seafood/ Hasil Laut Snack Asin/ Savoury Snacks Telur Traditional Uncategorised

Pempek Ikan ala Jerman

Siapa yang kangen sama pempek? *tunjuk tangan tinggi tinggiiii*

Masakan khas palembang dengan cita rasa ikan empuk dan kenyal. Ketiadaan daging ikan tenggiri segar disini, sepertinya ga mnyurutkan keinginan membuat pempek sendiri. πŸ˜‰

***

Sudah berkali kali membuat pempek dari berbagai jenis ikan disini, sampe pernah pake ikan seelachsfillet yang berakhir jadi siomay dengan bentuk ga karuan karena si ikan ga mau menyatu dengan tepung sagu, hiks… dan sekarang sudah faham , ikan ikan yang bisa digunakan buat pempek πŸ˜‰

Awalnya aku selalu membuat hanya dengan ikan pangasius, ikan ini teksturnya halus hanya ga ada amis yang tercium, jadi setiap membuat aku selalu menambahkan ikan salmon biar wangi amis ikan. Tapi amis disini ngga amis banget sih, beda sama amis ikan segar seperti di pastrad Indonesia. Jadi buat yang ga suka amis, sepertinya masih bisa ditoleransi πŸ™„

***

Saat di tanah air, cukup sering membuat pempek sendiri apalagi saat di rumah mama di Lampung, pasti ga absen deh buat pempek ;). Nah sekarang, di Jerman kudu juga buat sendiri, untuk obat kangen heehehehe….

Berikut resepnya ya….

Pempek Ikan
(more…)

Allgemein Asian Food Indonesian Food Meatball Potato Flour Sago Flour/ Tapioca Flour Snack Asin/ Savoury Snacks Uncategorised Wheat Flour

Cilok

Hayoooo, Siapa yang ga tau cilok? Aku kenal cilok pas kuliah tapi jarang juga jajan cilok. Bukan apa apa, aku tipikal anak yang ga suka jajan di luar karena pasti selalu bawa bekal, jadi ga heran rada kuper urusan per cafe an hahahahaha…. *elus elus celengan ayam*

Cilok ini makanan khas Jawa Barat, karena itulah aku kenal cilok saat berkuliah di Bogor, di lampung ga ada heheheh adanya pempek sama bakso πŸ˜›

Cilok terbuat dari tepung tapioka, yang disajikan bersama saus kacang, kecap dan saus sambal/tomat. Bentuknya bulat seperti bakso dan kenyal dari tepungnya. Cilok bisa dibuat tanpa isi, atau bisa juga dengan isian daging giling, telur rebus potong atau isian lainnya. Dan sejauh ini sih, aku hanya membuat tanpa isi, soalnya ribet klo pake ngisi segala πŸ™„

Yuk ahh buat, mudah banget kok…resepnya dari sharing teh ricke… terimakasih resepnya ya teh πŸ˜‰

Cilok

Ingredients:
400 ml air kaldu ayam, daging atau udang
200 gram tepung tapioka/ di Jerman aku menggunakan Kartoffelmehl
200 gram tepung terigu
3 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt lada
1/2 sdt ketumbar
4 batang daun bawang, potong halus
2 liter air di panci untuk merebus cilok
(more…)

Frying Irit telur Snack Asin/ Savoury Snacks Uncategorised Wheat Flour

Oregano Stick

Bahannya simpel, tapi buatnya yang tidak simpel. Dulu waktu kecil, sering banget buat seperti ini sama mama untuk sajian lebaran, dulu taunya cucuk gigi, sekarang rada keren dikit jadi stick *nyengir*. Biasanya yang dibuat mama sih plain saja tanpa hijau hijau daun bawang atau oregano. Alla kuli hal, ini kok buat kulit pastel masih nyisa, jadi dimanfaatkan sekalian aja dibuat stick. Kriuuuk deh !!

Berikut resep yang aku gunakan yaaa….
(more…)

error: Content is protected !!