Showing 13 Result(s)
Allgemein Culinary European dish Food Food photography Kitchen Diary Kroket/ Croquette/ Cutlet Meat/ Daging olahan ikan/ Fish Photography Recipes Roti Roti Goreng Sausage/ Wurst/ Sosis Sayuran Seafood/ Hasil Laut Snacks Soup/ Sup Spring Summer Uncategorised Winter

Makanan yang populer di Jerman dan patut dicobain !



Bismillahirrahmanirrahiiiim….

Alhamdulillah alakulli hal, lebih dari sepuluh foto resep „memasak bersama De-Fans“ diselesaikan.

De-Fans atau Deutschland Fans adalah salah satu Fanpage dari Goethe, yang banyak menginformasikan tentang keseharian Jerman. Bagi teman-teman yang ingin menambah pengetahuan tentang kebiasaan, makanan, bahasa dan keseharian di Jerman, bisa ikuti deh Fanpage mereka 😉

Beberapa masakan yang populer di Jerman, juga tersedia di Fanpage tersebut, berikut dengan step by stepnya, sehingga memudahkan kita untuk mempraktekkan resepnya langsung. Belajar memasak plus belajar bahasa Jerman, bisa banget deh 😀

Beberapa diantaranya :
(Resep, klik setiap menu)
(more…)

Allgemein European dish Fish Gluten free Kitchen Diary olahan ikan/ Fish Recipes Sayuran Seafood/ Hasil Laut Uncategorised Vegetables/ Sayuran Vegetarian

Zoodles, Zucchini Noodles with Salmon

Zoodles, Zucchini Noodles  with Salmon
Zoodles, Zucchini Noodles with Salmon

Pengen makan mie tapi ga pengen makan berkarbohidrat. Boleh deh dicoba pake zucchini 😉

Sayuran yang paling jarang aku beli ya ini, zucchini, soalnya entah mau dimasak apa, palingan ditusuk tusuk sate bareng paprika lalu di grill deh, praktis yak. (more…)

Allgemein Kitchen Diary olahan ikan/ Fish Pempek Recipes Sago Flour/ Tapioca Flour Seafood/ Hasil Laut Uncategorised

Pempek Ikan (Menggunakan ikan Victoria fillet)

Pempek Ikan
Pempek Ikan

Sebelumnya aku pernah memposting pempek ikan ala Jerman, dengan memadukan ikan pangasius dan ikan salmon.

Beberapa teman disini merekomendasikan ikan victoria fillet yang katanya lebih enak disbanding ikan pangasius. Ikan ini bisa didapat segar dan lebih amis daripada ikan pangasius beku. Informasi ikan ini aku dapatkan dari teh dewi dan mba Lita. Makasi teh dewi dan mba Lita <3 <3 <3

Ikan Victoria Fillet
Ikan Victoria Fillet
Ikan Victoria Fillet
Ikan Victoria Fillet

Saat membuka bungkusan ikan ini, langsung tercium wangi amis ikan seperti halnya di Indonesia. Tidak heran, harga ikan ini cukup mahal. 1 kg sekitar 14,90 eur. Aku membeli cukup 1 bagian saja, sekitar 600 gram.

Pempek Ikan Lenjer dan isian telur
Pempek Ikan Lenjer dan isian telur

Pempek Ikan

Bahan
600 gram fillet Ikan Victoria  (Di Jerman bisa dibeli di supermarket besar di bagian ikan segar)
250 gram tepung sagu
50 gram tepung sagu, digunakan saat membentuk
3 sdt garam
100 ml air
2 sdm minyak/ canola oil

Cara membuat:
1. Haluskan ikan victoria hingga halus
2. Dalam wadah bersih, campurkan ikan dengan garam, minyak dan air, aduk rata hingga terbentuk adonan ikan yang lembut
3. Tambahkan sedikit demi sedikit tepung sagu, uleni menggunakan sendok kayu (Tidak Dianjurkan Menggunakan Tangan) hingga terbentuk adonan yang bisa dibentuk
4. Panaskan air sebanyak 2,5 liter, beri 2 sdm minyak, rebus hingga mendidih
5. Sambil menunggu rebusan air mendidih, kita bisa membentuk pempek. Ambil adonan pempek lalu gulung diatas papan yang sudah ditaburkan tepung sagu, gulung membentuk pempek lenjer atau pempek ikan. Step by step membentuk pempek isi telur bisa dilihat disini
6. Rebus pempek lenjer dan isian telur hingga matang, ditandai dengan pempek mengapung di permukaan air rebusan
7. Saring dan sisihkan pempek. Lakukan hingga semua adonan pempek habis
8. Sajikan pempek bersama kuah cuko

Kuah Cuko Pempek
Kuah Cuko Pempek

Jika kuah cuko pempek ingin kental, bisa menambahkan 1 sdm maizena yang dilarutkan dengan 3 sdm air, masukkan lalu aduk hingga cuko mendidih dan mengental.

Sebenarnya kuah cuko yang kental ala palembang, dibuat dari banyaknya kandungan gula aren asli, yang kemudian di didihkan terus menerus hingga mengental, bahkan mereka menyimpan cuko cukup lama untuk mendapatkan cita rasa cuko yang benar benar mantap.

Selamat Mencoba ^_^

Pempek Ikan
Pempek Ikan
Pempek Ikan
Pempek Ikan

Note:
Anak-anak lebih menyukai pempek yang tidak digoreng untuk disajikan, sehingga foto yang aku tampilkan pun, pempek lenjer dan telur tidak aku goreng. Silahkan sesuaikan dengan selera keluarga.

Ikan ini enak sekali dagingnya amis segar, sehingga untuk dijadikan bahan utama membuat pempek, cocok sekali. hanya harganya aja kayanya ga boleh sering-sering 😀

asam manis Asian Food Food Indonesian Food olahan ikan/ Fish Pan Frying Rice/ Nasi Sayuran Seafood/ Hasil Laut Uncategorised

Ikan Asam Manis

Ikan Asam Manis

Suka banget sama yang namanya ikan. Waktu kecil, bisa dibilang hampir tidak pernah mau makan ayam. Jadi kalo mama masak ayam, itu hanya untuk adikku, yang memang doyan banget. Tidak hanya ikan aja sih, semua hasil laut aku lebih suka dibanding daging-dagingan. Aku besar di Bandar Lampung, jadi untuk mendapatkan ikan segar , cukup banyak tersedia di pasar dan setiap pagi selalu baru. Sehingga tidak heran kalau oleh-oleh khas lampung itu ada pempek, krupuk ikan, kemplang, pempek, tekwan, dan banyak lagi.
(more…)

Asian Food Culinary Food Frying Indonesian Food Kitchen Diary Pan Frying Recipes Rice/ Nasi Sayuran Seafood/ Hasil Laut Snack Asin/ Savoury Traditional Uncategorised Vegetables/ Sayuran

Nasi Goreng Cumi

Siapa sih yang ga kenal nasi goreng? Pasti dong semua tau. Waktu kecil, menu ini bagiku ga ada yang spesial, karena mama buatnya hanya sekedar menghabiskan sisa nasi kemarin supaya ga mubazir. Jadi tau dong apa yang aku pikirkan saat lihat menu nasi goreng di rumah makan? Ya itu mereka jual nasi sisa ! Whuahahahahaha betapa lugunye dirikuuuuu… kalo inget jaman itu *garukgarukidung*

Ternyata berjodoh dengan pria penyuka nasi goreng, bukan suka atau favorit lagi, wuiiii semua menu ga bakal dilirik kalo udah disajiin nasi goreng hangat fresh from the kompor kenadehlumel, teruus teruus ya apa iya aku masakin nasi goreng dari nasi sisa? ya kadang iya kadang juga nggak, soalnya customernya kadang juga minta menu ini dengan sengaja. Yang bikin aku gerutu kalo lagi makan di luar, dengan santai doi lagi lagi memesan nasi goreng, hiyaaaaaaaaa tepokjidat

Banyak sih perbedaan antara aku dengan ayah soal makanan. Seperti, dulu aku ga suka makan tahu, ga doyan! lebih milih tempe deh daripada tahu, ternyata doi demennya tahu pake mbanget. Sekarang yaaa, otomatis aku suka keduanya. Ada lagi, aku ga terlalu suka makan ayam, akan lebih seneng makan ikan dari pada ayam dan ternyata doi hobby deh makan ayam dibuat menu apa aja, lalu sekarang yaaa ikut menikmati ayam walaupun bukan favorit banget 😉

Ternyata jodoh itu memang saling melengkapi yak dan kesimpulannya membuat meja makan penuh dengan favorit masing masing hahahahaha penting banget ga siiiih. Hayooooo siapa yang juga kaya akuuuu???


Weekend kalau cuaca gak oke untuk keluar, kami memilih anteng di rumah atau jalan jalan sekitaran rumah. Weekend lalu sebelum datang bulan Ramadhan, aku membuat nasi goreng cumi dan sayuran.

Walaupun yang namanya masak itu hanya ukuran kira kira, kali ini akan aku coba susun rapih dan tuliskan, jadi kalo buat lagi, tinggal buka saja link nya.

Berikut resep yang aku gunakan yaaa…..

Nasi Goreng Cumi
(more…)

Asian Food Fish Food Sayuran Seafood/ Hasil Laut Thailand Food Tomaten Uncategorised Vegetables/ Sayuran

Salad Thai Seafood

Masih ketagihan dengan Salad Thai sebelumnya yang aku buat dengan prawn, kali ini aku buat lagi menggunakan cumi dan kerang, stok yang ada di kulkas. Salad yang satu ini seger seger pedes dan aku suka banget. Sepertinya tipe makanan thailand memang pedes pedes seger gitu ya, satu selera deh dengan kita orang Indonesia.

Membuatnya juga simpel dan ga perlu waktu berlama lama untuk masak, yaa seperti salad pada umumnya 😉


Salad Thai Seafood
(more…)

Food Indonesian Food Pasta/ Noodle/ Mie Seafood/ Hasil Laut Snack Asin/ Savoury Traditional Uncategorised

Mie Celor Palembang

Bismillahirrahmanirrahim…

Sudah menyiapkan menu berbuka? Disini waktu berbuka masih 10 jam lagi, jadi aku masih santai santai aja belum ke dapur 😀 Soalnya kalo urusan menu berbuka disiapkan terlalu dini, bakal harus manasin dan anget angetin lagi (red:malas).

Kali ini aku posting masakan palembang yang memang sudah lama aku buat tapi belum disusun rapih resepnya. Nah sekarang ditulis, supaya lain kali mau buat ga bingung cari dimana. Jangan heran kalau aku sering masak olahan ala sumatra yaaaa, karena memang besar di sumatra juga, jadi lidah akrab banget sama sambel terasi, pempek, lalapan, duren, dsb, asal jangan tempoyak aja, aku ga pernah ngerasain 😉

Kebetulan di rumah ada stok kerang dan udang, jadi dibuat menu mie celor aja sekalian 🙂

Yuuuk intip resepnya… <3

Mie Celor Palembang

Ingredients:
200 gram udang berkulit, direbus dengan 2 liter air, sisihkan udang, kupas kulit dan kepala masukkan kembali ke airnya untuk kaldu, masak hingga mendidih dan saring
100 gram kerang
150 gram mie basah, aku pakai spagetti, rebus dan tiriskan
2 tangkai daun bawang
1 sdt cabe kering bubuk kasar
(more…)

Allgemein Asian Food Cooking/ Baking Tutorial Fish Frying Indonesian Food Kitchen Diary Minyak olahan ikan/ Fish Pempek Potato Flour Recipes Seafood/ Hasil Laut Snack Asin/ Savoury Snacks Telur Traditional Uncategorised

Pempek Ikan ala Jerman

Siapa yang kangen sama pempek? *tunjuk tangan tinggi tinggiiii*

Masakan khas palembang dengan cita rasa ikan empuk dan kenyal. Ketiadaan daging ikan tenggiri segar disini, sepertinya ga mnyurutkan keinginan membuat pempek sendiri. 😉

***

Sudah berkali kali membuat pempek dari berbagai jenis ikan disini, sampe pernah pake ikan seelachsfillet yang berakhir jadi siomay dengan bentuk ga karuan karena si ikan ga mau menyatu dengan tepung sagu, hiks… dan sekarang sudah faham , ikan ikan yang bisa digunakan buat pempek 😉

Awalnya aku selalu membuat hanya dengan ikan pangasius, ikan ini teksturnya halus hanya ga ada amis yang tercium, jadi setiap membuat aku selalu menambahkan ikan salmon biar wangi amis ikan. Tapi amis disini ngga amis banget sih, beda sama amis ikan segar seperti di pastrad Indonesia. Jadi buat yang ga suka amis, sepertinya masih bisa ditoleransi 🙄

***

Saat di tanah air, cukup sering membuat pempek sendiri apalagi saat di rumah mama di Lampung, pasti ga absen deh buat pempek ;). Nah sekarang, di Jerman kudu juga buat sendiri, untuk obat kangen heehehehe….

Berikut resepnya ya….

Pempek Ikan
(more…)

error: Content is protected !!