Showing 9 Result(s)
Asian Food Chicken/ Ayam Cooking/ Baking Tutorial Food Gluten free Kitchen Diary Meat/ Daging Meatball Recipes Sago Flour/ Tapioca Flour Uncategorised

Bakso Ayam Kenyal

Bakso Ayam Kenyal
Bakso Ayam Kenyal

Paling seneng buat bakso ayam, soalnya menghaluskan dagingnya lebih mudah dibandingkan dengan daging sapi, adonannya lebih cepat halus lembut.

Resep ini aku menggunakan resepnya icha irawan, dengan takaran baking powder yang lebih banyak dari resep bakso ayam yang pernah aku buat.

Baca juga :ย  Bakso Ayam dengan takaran baking powder lebih sedikit
(more…)

Allgemein Kitchen Diary olahan ikan/ Fish Pempek Recipes Sago Flour/ Tapioca Flour Seafood/ Hasil Laut Uncategorised

Pempek Ikan (Menggunakan ikan Victoria fillet)

Pempek Ikan
Pempek Ikan

Sebelumnya aku pernah memposting pempek ikan ala Jerman, dengan memadukan ikan pangasius dan ikan salmon.

Beberapa teman disini merekomendasikan ikan victoria fillet yang katanya lebih enak disbanding ikan pangasius. Ikan ini bisa didapat segar dan lebih amis daripada ikan pangasius beku. Informasi ikan ini aku dapatkan dari teh dewi dan mba Lita. Makasi teh dewi dan mba Lita <3 <3 <3

Ikan Victoria Fillet
Ikan Victoria Fillet
Ikan Victoria Fillet
Ikan Victoria Fillet

Saat membuka bungkusan ikan ini, langsung tercium wangi amis ikan seperti halnya di Indonesia. Tidak heran, harga ikan ini cukup mahal. 1 kg sekitar 14,90 eur. Aku membeli cukup 1 bagian saja, sekitar 600 gram.

Pempek Ikan Lenjer dan isian telur
Pempek Ikan Lenjer dan isian telur

Pempek Ikan

Bahan
600 gram fillet Ikan Victoriaย  (Di Jerman bisa dibeli di supermarket besar di bagian ikan segar)
250 gram tepung sagu
50 gram tepung sagu, digunakan saat membentuk
3 sdt garam
100 ml air
2 sdm minyak/ canola oil

Cara membuat:
1. Haluskan ikan victoria hingga halus
2. Dalam wadah bersih, campurkan ikan dengan garam, minyak dan air, aduk rata hingga terbentuk adonan ikan yang lembut
3. Tambahkan sedikit demi sedikit tepung sagu, uleni menggunakan sendok kayu (Tidak Dianjurkan Menggunakan Tangan) hingga terbentuk adonan yang bisa dibentuk
4. Panaskan air sebanyak 2,5 liter, beri 2 sdm minyak, rebus hingga mendidih
5. Sambil menunggu rebusan air mendidih, kita bisa membentuk pempek. Ambil adonan pempek lalu gulung diatas papan yang sudah ditaburkan tepung sagu, gulung membentuk pempek lenjer atau pempek ikan. Step by step membentuk pempek isi telur bisa dilihat disini
6. Rebus pempek lenjer dan isian telur hingga matang, ditandai dengan pempek mengapung di permukaan air rebusan
7. Saring dan sisihkan pempek. Lakukan hingga semua adonan pempek habis
8. Sajikan pempek bersama kuah cuko

Kuah Cuko Pempek
Kuah Cuko Pempek

Jika kuah cuko pempek ingin kental, bisa menambahkan 1 sdm maizena yang dilarutkan dengan 3 sdm air, masukkan lalu aduk hingga cuko mendidih dan mengental.

Sebenarnya kuah cuko yang kental ala palembang, dibuat dari banyaknya kandungan gula aren asli, yang kemudian di didihkan terus menerus hingga mengental, bahkan mereka menyimpan cuko cukup lama untuk mendapatkan cita rasa cuko yang benar benar mantap.

Selamat Mencoba ^_^

Pempek Ikan
Pempek Ikan
Pempek Ikan
Pempek Ikan

Note:
Anak-anak lebih menyukai pempek yang tidak digoreng untuk disajikan, sehingga foto yang aku tampilkan pun, pempek lenjer dan telur tidak aku goreng. Silahkan sesuaikan dengan selera keluarga.

Ikan ini enak sekali dagingnya amis segar, sehingga untuk dijadikan bahan utama membuat pempek, cocok sekali. hanya harganya aja kayanya ga boleh sering-sering ๐Ÿ˜€

Cireng Frying Gorengan Potato Flour Sago Flour/ Tapioca Flour Uncategorised

Cireng Empuk Gurih

Seliweran foto cireng yang menggugah selera di fb lumayan juga bikin manyun hihihiโ€ฆ enak kaaan kalo ada yang tinggal goreng ๐Ÿ˜› *dasar

Pernah sih buat sendiri, itu juga kira kira aja resepnya, dan si aci ga pake mbeledhos *bahasaku (red: meletus, muncrat muncrat), saat di goreng. Baca postingan cireng mba rinros yang mbledhos dan keliatannya empuk di fb. Liat resepnya, ternyata takaran airnya cukup banyak juga, 1:1 dengan tepung acinya.

Boleh juga deh di eksekusi ๐Ÿ™‚
(more…)

Coconut Milk Desserts Potato Potato Flour Sago Flour/ Tapioca Flour Uncategorised

Kolak Biji Salak dari Kentang

Bismillahirrahmanirrahiim…
Alhamdulillah sudah hari ke 9 puasa Ramadhan, terasa cepat sekali kah?ย  nggak juga hihihihi *mungkin karena efek 19 jam puasa disini ya*

Puasa ke 2 Ramadhan lalu, aku niatkan buat takjil. Biasanya ga pernah, karena begitu buka puasa biasanya kita makan buah lalu shalat Magrib baru kemudian makan menu utama. Waktu buka puasa yang cukup malam membuat jatah waktu menikmati makanan hanya sedikit, karena kita pun harus segera tidur supaya aktifitas esok hari tetap segar, walaupun mengantuk juga sih ๐Ÿ™„

Kolak biji salak kali ini aku menggunakan kentag sebagai pengganti ubi, karena saat itu ubi di supermarket kok ya kosong terus, jadilah nyobain pake kentang ๐Ÿ˜‰ Sebelumnya pernah membuat kolak ini menggunakan ubi merah, sekitar 3 tahun yang lalu.

Kolak Biji Salak

Ingredients:
Biji Salak
350 gram kentang, kupas potong potong dan rebus, angkat, haluskan panas panas
7 sdm munjung tepung sagu, aku menggunakan Kartoffelmehl
5 sdm gula pasir
1/2ย  sdt garam

1 liter air untuk merebus
(more…)

Allgemein Asian Food Indonesian Food Meatball Potato Flour Sago Flour/ Tapioca Flour Snack Asin/ Savoury Snacks Uncategorised Wheat Flour

Cilok

Hayoooo, Siapa yang ga tau cilok? Aku kenal cilok pas kuliah tapi jarang juga jajan cilok. Bukan apa apa, aku tipikal anak yang ga suka jajan di luar karena pasti selalu bawa bekal, jadi ga heran rada kuper urusan per cafe an hahahahaha…. *elus elus celengan ayam*

Cilok ini makanan khas Jawa Barat, karena itulah aku kenal cilok saat berkuliah di Bogor, di lampung ga ada heheheh adanya pempek sama bakso ๐Ÿ˜›

Cilok terbuat dari tepung tapioka, yang disajikan bersama saus kacang, kecap dan saus sambal/tomat. Bentuknya bulat seperti bakso dan kenyal dari tepungnya. Cilok bisa dibuat tanpa isi, atau bisa juga dengan isian daging giling, telur rebus potong atau isian lainnya. Dan sejauh ini sih, aku hanya membuat tanpa isi, soalnya ribet klo pake ngisi segala ๐Ÿ™„

Yuk ahh buat, mudah banget kok…resepnya dari sharing teh ricke… terimakasih resepnya ya teh ๐Ÿ˜‰

Cilok

Ingredients:
400 ml air kaldu ayam, daging atau udang
200 gram tepung tapioka/ di Jerman aku menggunakan Kartoffelmehl
200 gram tepung terigu
3 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt lada
1/2 sdt ketumbar
4 batang daun bawang, potong halus
2 liter air di panci untuk merebus cilok
(more…)

Asian Food Pempek Potato Flour Sago Flour/ Tapioca Flour Snack Asin/ Savoury Snacks Uncategorised Wheat Flour

Pempek tanpa Ikan

Pempek tanpa Ikan Dua hari lalu jadwal Afiqah ke dokter gigi, gigi susu bagian depannya harus dicabut karena gigi barunya tumbuh tapi si gigi susu tidak tanggal dengan sendirinya, jadinya rebutan tempat. Alhamdulillah disini dokter gigi anak ga horor dan tempat pemeriksaan juga ga kaya kursi panas, tapi tiduran dan ada film yang diputar, jadi …

error: Content is protected !!