Showing 13 Result(s)
Allgemein Culinary European dish Food Food photography Kitchen Diary Kroket/ Croquette/ Cutlet Meat/ Daging olahan ikan/ Fish Photography Recipes Roti Roti Goreng Sausage/ Wurst/ Sosis Sayuran Seafood/ Hasil Laut Snacks Soup/ Sup Spring Summer Uncategorised Winter

Makanan yang populer di Jerman dan patut dicobain !



Bismillahirrahmanirrahiiiim….

Alhamdulillah alakulli hal, lebih dari sepuluh foto resep „memasak bersama De-Fans“ diselesaikan.

De-Fans atau Deutschland Fans adalah salah satu Fanpage dari Goethe, yang banyak menginformasikan tentang keseharian Jerman. Bagi teman-teman yang ingin menambah pengetahuan tentang kebiasaan, makanan, bahasa dan keseharian di Jerman, bisa ikuti deh Fanpage mereka 😉

Beberapa masakan yang populer di Jerman, juga tersedia di Fanpage tersebut, berikut dengan step by stepnya, sehingga memudahkan kita untuk mempraktekkan resepnya langsung. Belajar memasak plus belajar bahasa Jerman, bisa banget deh 😀

Beberapa diantaranya :
(Resep, klik setiap menu)
(more…)

Anak/ Children Asian Food Autumn Chicken/ Ayam Culinary Food Herbal Herbs Nasi Ayam Hainan/ Hainan Chicken Rice Sayuran Spring Summer Thailand Food Tomaten Uncategorised Vegetables/ Sayuran Winter

Hainan Chicken Rice

Hainan Chicken Rice

Minggu ini dikagetkan dengan suhu pagi pagi yang lumayan rendah, 2 C, di awal musim gugur. Hari-hari sebelumnya masih sekitar 6-8 C dan aku pun masih mengira akan seperti ini suhunya hingga 2 minggu ke depan. Sayangnya ternyata tidak. Baju –baju tebal yang sudah aku keluarkan sejak akhir bulan September sudah mulai dipakai, brrrrr…..dingiiiiiin !! O_o

Tidak hanya itu, yang membuat heran, pagi pagi di atas atap, kadang terlihat tertutupi salju tipis. Padahal, aku sangat menantikan matahari terik panas di antara daun daun kuning musim semi. Apalagi kalau bukan untuk berfoto ^^’

Hainan Chicken Rice

(more…)

Allgemein Asian Food Autumn Baked Bento Culinary Food Germany Spring Summer Uncategorised Winter

Honey Garlic Lemon Chicken

Memasak Ayam dengan cara praktis memang paling enak mengandalkan oven. Tinggal masuk oven klik klik, triiiing dan siap disajikan. Seperti halnya memasak ayam bakar rujak, menu ini cocok banget saat pergantian cuaca, ada madunya dan lemon juga 😉

Bisa dengan dua cara memasak ayam ini. Yang sangat praktis mencampurkan semua dengan ayam lalu di oven kurang lebih 45-60 menit hingga ayam matang. Tapi bisa juga dengan memasak ayam sebentar bersama semua bumbu hingga ½ matang, lalu sisihkan di tray oven, panaskan hingga matang menjelang waktu makan tiba. Asik kan?
(more…)

Allgemein Asian Food Autumn Baked Chicken/ Ayam Coconut Coconut Milk Culinary Food Germany Indonesian Food Uncategorised Winter

Ayam Bakar Bumbu Rujak

Ayam Bakar Bumbu Rujak

Olahan ayam yang dibakar memang selalu membangkitkan selera makan, apalagi jika dipadu dengan lalapan dan sambal, plus nasi anget, makannya lesehan dengan pemandangan alam bebas *alamaaak *kangenkampunghalaman

Walaupun tinggal disini yang mayoritas makanan pakai keju dan susu serta sayuran salad, sesekali aku juga menghadirkan menu ini di meja makan, setidaknya obat rindu lidah Indonesia dan tentunya mengajak anak anak untuk tau kan. Ini pun kalau malasnya ga kambuh, hihihihi….

Kalau malas yaaa makan roti, ceplok telor, pasta dan salad. Padahal aku banyakan malas daripada rajinnya, percayalaah 😆

Berikut resep yang aku pakai untuk membuat Ayam bakar rujak yaaa…

Ayam Bakar Bumbu Rujak

Resep olahan Ayam lainnya, bisa di klik link di bawah ini:
Ayam Pelalah Bali

Ayam Panggang bumbu Thyme
Ayam Goreng Tulang Lunak

Ayam Bakar Bumbu Rujak
(more…)

Anak/ Children Autumn Baked Banana Bread/ Roti Breakfast Cheese Chocolate Culinary Desserts Germany Indonesian Food Irit telur Roti Snack Asin/ Savoury Snacks Uncategorised Wheat Flour

Bolen Pastry Pisang Keju Coklat

Bolen Pisang Keju Coklat
Bolen Pisang Keju Coklat

Kenal merk “Kartika Sari” atau “Bawean” ?
Kalau belum kenal, berarti harus kudu liburan ke Bandung, Jawa Barat, Indonesia.

Kedua merek tersebut terkenal banget deh bolennya. Kalau aku masuk di selera Bawean, entahlah lebih buttery rasanya, eheheheh 😀

Bolen, snack khas ini biasanya dibuat dari adonan roti yang dilipat ala pastry. Membuatnya sendiri di rumah dengan pastry instan tentunya akan lebih mudah dan cepat saji, praktis !!

(more…)

Asian Food Autumn Chicken/ Ayam Cooking/ Baking Tutorial Culinary Desserts Food Frying Germany Indonesian Food Irit telur Kitchen Diary Martabak Meat/ Daging Recipes Roti Roti Goreng Snack Asin/ Savoury Snacks Traditional Uncategorised Wheat Flour

Martabak Telur Praktis ala abang abang

Martabak Telur

Penting ga sih nulis abang abang pada judul diatas?? Jadi sebenernya kangen martabak atau abang abangnya?? :mrgreen:

Yaaah pokoknya hasil martabak ini lebih enak daripada si abang abang jualan *buatsendirimujisendiri

Nama martabak, berasal dari bahasa Arab : مطبق, yang artinya “terlipat” , sajian yang biasa ditemukan di Arab Saudi (terutama di wilayah Hijaz), Yaman, Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Brunei. Dan tentunya komposisi isi dan namanya bervariasi bergantung dari khas daerah tersebut.

Disini, di Jerman, manalah aku ketemu tukang martabak, tukang roti sama tukang bunga, naah baru ada !  😀

Kangen dong? Pastinya !! Jadi kalo pengen yaaa kudu buat sendiri. Kulit martabak biasanya lentur, mudah ditarik, dilempar lempar biar melebar ala tukang martabak, pernah juga aku mencoba membuat sendiri.
(more…)

Anak/ Children Autumn Bread/ Roti Breakfast Chocolate Culinary Desserts Donut European dish Frying Germany Irit telur Potato Roti Roti Goreng Snacks Sourdough Telur Uncategorised Wheat Flour Winter

Potato Donuts with Starter Dough Method

Donat Coklat tabu meises

💡 Ingin membuat donat dengan metode ini, sebenarnya diawali dengan 2 kali membuat roti dengan cara yang sama dan aku langsung jatuh cinta dengan seratnya yang lembut dan empuk. Nama rotinya,  5 Thousand Dollars Starter Dough Bread.

Saking jatuh cintanya dengan hasil roti yang menggunakan Starter Dough Method, timbul keinginan buat donat dengan cara ini dan tentunya pake kentang. Ketahuan dong donat kentang kan udah empuk banget, nah gimana kalau ditambah metode ini……………. 🙄

Donat coklat tabur sesame seeds

Berikut resepnya yaaa…
Aku membuatnya langsung 2 resep, hasil jadi 24 buah atau 2 lusin donat. Jadi yang merasa kebanyakan, boleh mencoba 1/4 atau 1/2  resep dari yang kutulis ini yaaa 😀
(more…)

Allgemein Almond Autumn Breakfast Cheese Cream Cheese Culinary Desserts European dish Food Frying Germany Irit telur Pancakes Photography Snacks Spring Telur Uncategorised

Food Photography Project with Hijup.com

Beberapa waktu lalu, aku mengerjakan 3 food project sekaligus. Project ini untuk mengisi food inspiration di majalah  online blog.hijup.com. Ada 3 menu yang ditampilkan di website tersebut. Dari mulai snack,  dessert atau menu penutup dan menu utama.

Yuk disimak ! 😉

  1. Pancake Mangga Saus Karamel, resep bisa dilihat disini

(more…)

Asian Food Culinary Food Frying Indonesian Food Kitchen Diary Pan Frying Recipes Rice/ Nasi Sayuran Seafood/ Hasil Laut Snack Asin/ Savoury Traditional Uncategorised Vegetables/ Sayuran

Nasi Goreng Cumi

Siapa sih yang ga kenal nasi goreng? Pasti dong semua tau. Waktu kecil, menu ini bagiku ga ada yang spesial, karena mama buatnya hanya sekedar menghabiskan sisa nasi kemarin supaya ga mubazir. Jadi tau dong apa yang aku pikirkan saat lihat menu nasi goreng di rumah makan? Ya itu mereka jual nasi sisa ! Whuahahahahaha betapa lugunye dirikuuuuu… kalo inget jaman itu *garukgarukidung*

Ternyata berjodoh dengan pria penyuka nasi goreng, bukan suka atau favorit lagi, wuiiii semua menu ga bakal dilirik kalo udah disajiin nasi goreng hangat fresh from the kompor kenadehlumel, teruus teruus ya apa iya aku masakin nasi goreng dari nasi sisa? ya kadang iya kadang juga nggak, soalnya customernya kadang juga minta menu ini dengan sengaja. Yang bikin aku gerutu kalo lagi makan di luar, dengan santai doi lagi lagi memesan nasi goreng, hiyaaaaaaaaa tepokjidat

Banyak sih perbedaan antara aku dengan ayah soal makanan. Seperti, dulu aku ga suka makan tahu, ga doyan! lebih milih tempe deh daripada tahu, ternyata doi demennya tahu pake mbanget. Sekarang yaaa, otomatis aku suka keduanya. Ada lagi, aku ga terlalu suka makan ayam, akan lebih seneng makan ikan dari pada ayam dan ternyata doi hobby deh makan ayam dibuat menu apa aja, lalu sekarang yaaa ikut menikmati ayam walaupun bukan favorit banget 😉

Ternyata jodoh itu memang saling melengkapi yak dan kesimpulannya membuat meja makan penuh dengan favorit masing masing hahahahaha penting banget ga siiiih. Hayooooo siapa yang juga kaya akuuuu???


Weekend kalau cuaca gak oke untuk keluar, kami memilih anteng di rumah atau jalan jalan sekitaran rumah. Weekend lalu sebelum datang bulan Ramadhan, aku membuat nasi goreng cumi dan sayuran.

Walaupun yang namanya masak itu hanya ukuran kira kira, kali ini akan aku coba susun rapih dan tuliskan, jadi kalo buat lagi, tinggal buka saja link nya.

Berikut resep yang aku gunakan yaaa…..

Nasi Goreng Cumi
(more…)

Culinary Uncategorised

oleh2 bandung

Jalan jalan ke Bandung saat hari kerja emang enaaakk beneerr. Klo semua orang demen keluar masuk FO dan puter2 keliling FO, guwe gak demen sama sekali , kenapa??? karena mayoritas gak da pakaian yang ga bs gw pake, hihihih…..beeuuhhh gendud kali ye guwe??? jempolnya ! wkwkwkwkwkkkk Ini looh Btaagor Kingsley yang terkenal itu, gw penasaran!! …

error: Content is protected !!