Month: April 2020

Starting This Great Month with Star

Alhamdulillah ternyata minggu terakhir puasa tantangan ini yang bertema tentang persiapan Ramadan aku tuai hasilnya di malam pertama tarawih. Anak-anak bersemangat karena waktu tarawih di jam aman dan nyaman, berbeda 180 derajat  dengan apa yang kami alami dahulu di Eropa dengan waktu shalat tarawih di […]

Grill Time !

Sejak malam ada yang berceloteh, “Bun, biasanya Menjelang Ramadan kita makan bareng-bareng.” Yang maksudnya ketemuan dengan kerabat lalu kita grillen bareng dengan membawa makanan masing-masing dan dinikmati bersama. Seru? Alhamdulillah. Jadi pagi-pagi aku ajakin deh mereka aktifitas mempersiapkan grillen. Semoga sehat semuanyaaa…

Bebersih sebelum Ramadan

Sebelum waktunya berpuasa penuh, karpet karpet aku bersihkan dan memastikan noda-noda yang ada hilang semuanya. Bersih dan wangi, tujuan utama.

Namun ternyata anak-anak memilih kamar mereka untuk tidak dilengkapi karpet, panas katanya dan debunya lumayan.

Memang sih, even sudah 8 bulan di sini kami masih adaptasi dengan panas dan ini tuh ga mudah banget. Kami bisa pusing sekali atau bahkan wajah memerah karena suhu udara yang panasnya real feel 37, ma shaa Allah

Ampuni kami ya Allah…

Rapih rapih menjelang Ramadan

Memiliki stoples bahan makanan pokok dan diberi keterangan yang rapih tentu saja idaman setiap orang. Aku prefer memilih menggunakan stoples kaca dibandingkan plastik. Plastik tetap pakai juga dan reuse dari mana saja yang aku dapatkkan, bahkan dari sekedar bongkar gudang yang sudah 7 tahun lamanya. […]

Good Job, Kakak !

Persiapan menjelang Ramadan tentu tidak hanya stok makanan cepat saji (bukan fast food), lahir batin, ibadah awalan, tapi tentu saja buat makemak, rapihnya rumah dan kelarnya setrikaan. Dan ma shaa Allah, saat pagi aku beresin dapur, kompor, dsb, tiba-tiba anak lanang dari atas membawa sekotak […]

Ramadan saat Pandemic

Hari ini, aku ingin punya target persiapan Ramadan. Sekalipun kami sudah juga mempersiapkandari hari-hari sebelumnya, sepertinya H- 5 ini ingin lebih maksimal biar ga melulu urusan “menu berbuka puasa”.

Membuat banner, menyemarakkan Ramadan kali ini yang jauh sekali dari rencana kepulangan kami ke Indonesia. Berawal dari niat untuk safari masjid sambil memperkenalkan anak2 suasana masjid-masjid di Indonesia. Kemudian berbalik arah dengan tema “Hadirkan semarak Ramadan dari dalam Rumah“.

Semoga tahun pandemic ini tidak mengurangi hidmatnya dan nikmatnya Ramadan di Indonesia, aamiiin…|

Murajaah bersama anak-anak

Murajaah Al Quran bersama anak-anak hamper setiap malam kami lakukan. Sebelum masuk ke kamar masing-masing, rutin berkumpul dan sama sama mebaca surat tertentu disertai surah Al Mulk. Dari sini sangat membantu sekali anak-anak untuk menjaga hafalannya. Eh kok anak-anak saja? Iya, saya pun kalah jauh […]

Keberkahan Waktu

Merutinkan pagi setelah bada subuh atau menunggu subuh dengan membaca Al Quran tentu saja nikmat banget. Akan ada keberkahan di dalamnya di hari itu. Sekalipun waktu sama 24 jam tapi ma shaa Allah bisa selesai dalam waktu yang cepat, tidak terus ada aja yang bisa […]

Kualitas bacaan Al Quran

Kalau kemarin berkaitan dengan kuantiti, kali ini aku mencoba lebih lambat ritme dalam membaca, asas kehati-hatian agar lidah ini tidak kelu dan makhrajal huruf yang keluar pun sesuai dengan huruf yang dimaksud.

Sesekali masih membuka buku melihat catatan huruf tersebut ke luar dari mana di mulut kita.
Semoga terus menjadi pembelajar yang cinta Al Quran aamiin

Kuantitas bacaan Al Quran

Minggu ini ingin berkencan dengan Al Quran, fokus pada kuntiti bacaan quran. Sekalipun mengikuti OWOJ, aku memberanikan diri untuk ikut partisipasi khatam sehari bersama emak-emak komunitas HS dan untuk pertama kalinya mengambil jatah 2 juz dalam sehari. Targetnya magrib sudah selesai, namun beberapa kendala dengan […]


error: Content is protected !!