Allgemein Asian Food Breakfast Frying Indonesian Food Irit telur Lumpia Sayuran Snacks Traditional Uncategorised

Lumpia atau Fruhlingsrollen

Cemilan goreng yang satu ini memang favorit banget disini (Jerman). Bukan hanya kalangan masyarakat Indonesia, tapi juga masyarakat Jerman sendiri.

Pernah satu kali ada kegiatan Schulfest di sekolah kakak Afiqah, aku membawa sekitar 25 pcs, begitu di letakkan di meja dan aku tulis label “Fruhlingsrollen halal”, ga sampai 10 menit itu tray udah kosong ^^’ , pas ngambil traynya, orang tua yang kebagian menjaga stand masakan pada nanya, “yang bawa Fruhlingsrollen?” dan spontan mereka kasih jempol danakupuntersipusipu hahahahaha dasar 😛

Kali ini aku buat lagi untuk konsumsi sendiri. Isiannya agak berbeda dengan yang dibawa saat Schulfest karena tergantung apa isi kulkas aja ^_^

Berikut resepnya yaaa….

Lumpia atau Fruhlingsrollen

Ingredients:
1 pack spring roll pastry ukuran 22x22cm
300 gram ayam, rebus bersama 1 liter air,  ½ siung Bawang bombay dan 1 batang Daun bawang, tiriskan dagingnya lalu potong kecil/ bisa juga disuwir (karena disuwir lama, jadi cara praktisnya aku potong potong saja bagian dagingnya
150 gram Tauge segar, cuci bersih, sisihkan
1 kg Wortel, potong korek api atau diserut menggunakan alat, sisihkan
4 batang Daun bawang, potong potong dan sisihkan
1 siung Bawang bombay, potong halus
4 siung Bawang putih, haluskan
4 sdt Garam
2 sdt Gula pasir
1 sdt Lada
½ sdt Ketumbar
1 sdt Minyak wijen
1 sdt Kecap ikan
Minyak secukupnya

Perekat kulit lumpia
1 sdm Tepung terigu
200 ml air

300 ml Minyak untuk menggoreng


How to:

1. Panaskan minyak, masukkan bawang putih, aduk hingga harum, tambahkan bawang Bombay, aduk hingga layu
2. Masukkan wortel, tutup dan biarkan wortel agak melunak, lalu masukkan toge, ayam, garam, gula, lada, minyak wijen dan kecap ikan,  aduk rata kemudian tutup sebentar. Masak hingga semua matang, matikan api, masukkan daun bawang, aduk rata, dinginkan
3. Isi kulit spring roll dengan isian, gulung dan rekatkan ujungnya dengan larutan perekat, lakukan hingga selesai
4. Panaskan minyak untuk menggoreng, goreng lumpia hingga habis dan tiriskan
5. Sajikan bersama cabe rawit atau saus cabe ala Vietnam

Selamat Mencoba…. mudah kaaaan ?? ^_^


Links :
Pastel Lapis isi Sayuran
Parmesan Cauliflower Bites
Mandu Korean Dumplings
Ayam Goreng Tulang Lunak
Oregano Stick

0 Comments

  1. Aku pernah beli fruhlingsrollen kemasan di supermarket, tinggal goreng aja. Rasanya ga ada yg istimewa spt lumpia Indonesia. Jadi kapok beli lagi. Pengen nyoba bikin sendiri pakai resep Melly :) . Btw cara ngegulungnya dipotret ga, aku lagi membayangkan caranya hehe.
    1. Hihihi karna pengen cepet aku ga motret cara gulungnya. Semoga penjelasan bisa bantu dikit hehehe, letakkan kulit posisi belah ketupat, letakkan isi di bagian awal gulung, gulung 2x lalu bagian pinggir kanan kiri dilipat, oles bagian ujung menggunakan perekat dan gulung sampai akhir. Kebayang kan mba nel?
  2. Owalaahh ngerekatin pakai tepung terigu ya. Selama ini aku pakai putih telur. Bedanya apa ya Mel? Pakai putih telur bisa juga soalnya. Tapi sayang kuningnya ya kalo mereka berpisah *halaahh ??

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

[+] Zaazu Emoticons Zaazu.com
error: Content is protected !!