Showing 21 Result(s)
Allgemein Cake Coconut Desserts Kelapa/ Kokos Uncategorised Wheat Flour

Pandan Cake

Pandan Cake
Daun pandan yang wangi menandakan khas Indonesia sekali. Cake Pandan, bolu pandan, ketan srikaya dan semua teman temannya yang bernuansa pandan, sangat populer bagi kalangan masyarakat Indonesia di Jerman, yaa tentunya karena rindu nuansa tanah air juga πŸ˜‰

“Pandanus amaryllifolius is a tropical plant in the Pandanus (screwpine) genus, which is commonly known as pandan leaves (/ˈpΓ¦ndΙ™nˌlivz/), and is used widely in Southeast Asian cooking as a flavoring. The characteristic aroma of pandan is caused by the aroma compound 2-acetyl-1-pyrroline, which may give white bread, jasmine rice and basmati rice (as well as bread flowers Vallaris glabra) their typical smell. The plant is rare in the wild but is widely cultivated. It is an upright, green plant with fan-shaped sprays of long, narrow, blade-like leaves and woody aerial roots. The plant is sterile, with flowers only growing very rarely, and is propagated by cuttings.” Wikipedia

Kali ini aku buat cake pandan dari resep marble cake nya pak Sahak Pribadi, jadi hanya ku modifikasi pasta coklatnya dan marble nya saja.

Berikut resepnya….

Pandan Cake
Pandan Cake
Pandan Cake
(more…)

Baked Birthday Cake Blueberry Cake Cheese Cheesecake Desserts Uncategorised Wheat Flour

Blueberry Cheesecake No Crust

Blueberry Cheesecake No Crust

Lagi lagi cheesecake….
Jangan bosen yaa dengan postingan yang serba keju, soalnya penggemar berat keju ^^’

Biasanya dulu buat cheesecake jarang sekali di padu dengan buah buahan segar. Dikarenakan mungkin beberapa buah di Indonesia kurang cocok untuk di padu dengan cheesecake, seperti salak, pisang, pepaya. Tapi hal yang mungkin juga dipadukan dengan strawberry, mangga atau belimbing?? baru kepikiran sekarangΒ  ❗  ❓

Kali ini masih berkutat dengan resep cheesecake di resep Philadelphia berbahasa Swedia, dipadukan dengan blueberry dan dibuat tanpa crust.

Saat musim panas seperti sekarang, blueberry akan muncul di beberapa supermarket sehingga mudah memperolehnya. Buah ini ternyata salah satu makanan paling sehat di dunia. Kandungan antioksidannya yang tinggi sangat baik bagi tubuh kita.

“Blueberries are perennial flowering plants with indigo-colored berries from the section Cyanococcus within the genus Vaccinium (a genus that also includes cranberries and bilberries). Species in the section Cyanococcus are the most common[1] fruits sold as “blueberries” and are native to North America (commercially cultivated highbush blueberries were not introduced into Europe until the 1930s)

Blueberries contain anthocyanins, other polyphenols and various phytochemicals under preliminary research for their potential role in the human body. Most polyphenol studies have been conducted using the highbush cultivar of blueberries (V. corymbosum), while content of polyphenols and anthocyanins in lowbush (wild) blueberries (V. angustifolium) exceeds values found in highbush cultivars.” wikipedia

Kalo sehat begini, jadi ga merasa bersalah dooong makan cheesecake…..Β  πŸ˜‰ πŸ™„ ^^’

Blueberry Cheesecake No Crust
Blueberry Cheesecake No Crust

Blueberry Cheesecake No Crust
(more…)

Asian Food Culinary Food Frying Indonesian Food Kitchen Diary Pan Frying Recipes Rice/ Nasi Sayuran Seafood/ Hasil Laut Snack Asin/ Savoury Traditional Uncategorised Vegetables/ Sayuran

Nasi Goreng Cumi

Siapa sih yang ga kenal nasi goreng? Pasti dong semua tau. Waktu kecil, menu ini bagiku ga ada yang spesial, karena mama buatnya hanya sekedar menghabiskan sisa nasi kemarin supaya ga mubazir. Jadi tau dong apa yang aku pikirkan saat lihat menu nasi goreng di rumah makan? Ya itu mereka jual nasi sisa ! Whuahahahahaha betapa lugunye dirikuuuuu… kalo inget jaman itu *garukgarukidung*

Ternyata berjodoh dengan pria penyuka nasi goreng, bukan suka atau favorit lagi, wuiiii semua menu ga bakal dilirik kalo udah disajiin nasi goreng hangat fresh from the kompor kenadehlumel, teruus teruus ya apa iya aku masakin nasi goreng dari nasi sisa? ya kadang iya kadang juga nggak, soalnya customernya kadang juga minta menu ini dengan sengaja. Yang bikin aku gerutu kalo lagi makan di luar, dengan santai doi lagi lagi memesan nasi goreng, hiyaaaaaaaaa tepokjidat

Banyak sih perbedaan antara aku dengan ayah soal makanan. Seperti, dulu aku ga suka makan tahu, ga doyan! lebih milih tempe deh daripada tahu, ternyata doi demennya tahu pake mbanget. Sekarang yaaa, otomatis aku suka keduanya. Ada lagi, aku ga terlalu suka makan ayam, akan lebih seneng makan ikan dari pada ayam dan ternyata doi hobby deh makan ayam dibuat menu apa aja, lalu sekarang yaaa ikut menikmati ayam walaupun bukan favorit banget πŸ˜‰

Ternyata jodoh itu memang saling melengkapi yak dan kesimpulannya membuat meja makan penuh dengan favorit masing masing hahahahaha penting banget ga siiiih. Hayooooo siapa yang juga kaya akuuuu???


Weekend kalau cuaca gak oke untuk keluar, kami memilih anteng di rumah atau jalan jalan sekitaran rumah. Weekend lalu sebelum datang bulan Ramadhan, aku membuat nasi goreng cumi dan sayuran.

Walaupun yang namanya masak itu hanya ukuran kira kira, kali ini akan aku coba susun rapih dan tuliskan, jadi kalo buat lagi, tinggal buka saja link nya.

Berikut resep yang aku gunakan yaaa…..

Nasi Goreng Cumi
(more…)

Allgemein Breakfast Desserts Kitchen Diary Recipes Snacks Uncategorised Wheat Flour

Pancake Dulce de Leche

Pancake

Salah satu snack favorit kakak. sebentar sebentar requestnya pancake, pancake dan pancake…

Sering membuat pancake macam macam, dari pancake manis sampe savoury pancake yang ternyata ga kalah enaknya juga. Sayangnya ga terlalu sering juga motretnya, males pabalataknya dan keburu abis juga dicomotin anak anak, hehehehe…. ^^’

Pancake ini sih bisa kubilang sangat sangat praktis, buatnya juga ga butuh waktu lama *kalobuatcuma4bijiyaaa* kalo buatnya 20 pancake, capek berdirinya depan kompor *selftoyor* πŸ˜›

Yuuuk ahh buat… berikut resep yang aku gunakan…

Dulce de Leche
Dulce de Leche

Pancake Dulce de Leche

Ingredients:
300 gram tepung terigu (wezenmehl type 405)
80 gram gula pasir
1/4 sdt garam

(more…)

Allgemein Anak/ Children Family Living in Germany Our Stories Stories Summer Uncategorised

Sportfest in der Schule (Festival Olah Raga Sekolah)

Briefing
Briefing

Awal Sommer lalu, sekitar 5 hari sebelum Ramadhan, sekolah kakak Afiqah mengadakan Sportfest atau festival olahraga di Sportplatz KΓ€fertal (seperti classmeeting di tanah air). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian agenda sekolah yang dilakukan di luar lingkungan sekolah saat musim panas tiba. Dan kali ini kita pun tentunya ikut serta untuk mensupport kakak.

Saat melihat jadwal kegiatan ini, aku sangat lega karena waktu pelaksanaannya sebelum bulan Ramadhan tiba. Kebayang kan, kalo acara olah raga di tengah hari teriknza matahari saat puncak Sommer dan sedang berpuasa πŸ™„

Cabang olahraga yang dipertandingkan disini antara lain; lari 100 meter, lari jarak jauh 800 meter, lompat jauh, dan tolak peluru.

(more…)

Asian Food Fish Food Sayuran Seafood/ Hasil Laut Thailand Food Tomaten Uncategorised Vegetables/ Sayuran

Salad Thai Seafood

Masih ketagihan dengan Salad Thai sebelumnya yang aku buat dengan prawn, kali ini aku buat lagi menggunakan cumi dan kerang, stok yang ada di kulkas. Salad yang satu ini seger seger pedes dan aku suka banget. Sepertinya tipe makanan thailand memang pedes pedes seger gitu ya, satu selera deh dengan kita orang Indonesia.

Membuatnya juga simpel dan ga perlu waktu berlama lama untuk masak, yaa seperti salad pada umumnya πŸ˜‰


Salad Thai Seafood
(more…)

Allgemein Asian Food Cooking/ Baking Tutorial Desserts Frying Indonesian Food Kitchen Diary Pastry Recipes Snack Asin/ Savoury Snacks Traditional Uncategorised Vegetables/ Sayuran

Pastel Lapis isi sayuran

Pastel lagi lagii dan lagiii….

Savoury snack ini sering banget aku buat dan bawa kalo harus bawa potluck. Mungkin yang dibawain bosen kali yak, soalnya bawanya ini mlulu. Yaaa habis gimane dong, kalo bawa kue tradisional kan musti fresh ga bisa simpan di freezer, jadi mending buat ini aja πŸ˜‰ padahalmahdoyan

Kali ini pastel lapis aku isi sayuran wortel, kentang dan daun bawang yang dimasak tumis bawang putih tanpa bubuk kari dan isiannya pun aku tambahin telur rebus potong. Selain pastel lapis, pernah juga membuat pastel biasa yang berbentuk samosa, rasa ya tentu sama saja, hanya berbeda bentuk.

Pastel Lapis isi Sayuran

Ingredients:
Kulit
Bahan A
125 gr tepung terigu protein sedang (di Jerman aku menggunakan Weizenmehl type 405)
100 gr margarin (more…)

Food Indonesian Food Pasta/ Noodle/ Mie Seafood/ Hasil Laut Snack Asin/ Savoury Traditional Uncategorised

Mie Celor Palembang

Bismillahirrahmanirrahim…

Sudah menyiapkan menu berbuka? Disini waktu berbuka masih 10 jam lagi, jadi aku masih santai santai aja belum ke dapur πŸ˜€ Soalnya kalo urusan menu berbuka disiapkan terlalu dini, bakal harus manasin dan anget angetin lagi (red:malas).

Kali ini aku posting masakan palembang yang memang sudah lama aku buat tapi belum disusun rapih resepnya. Nah sekarang ditulis, supaya lain kali mau buat ga bingung cari dimana. Jangan heran kalau aku sering masak olahan ala sumatra yaaaa, karena memang besar di sumatra juga, jadi lidah akrab banget sama sambel terasi, pempek, lalapan, duren, dsb, asal jangan tempoyak aja, aku ga pernah ngerasain πŸ˜‰

Kebetulan di rumah ada stok kerang dan udang, jadi dibuat menu mie celor aja sekalian πŸ™‚

Yuuuk intip resepnya… <3

Mie Celor Palembang

Ingredients:
200 gram udang berkulit, direbus dengan 2 liter air, sisihkan udang, kupas kulit dan kepala masukkan kembali ke airnya untuk kaldu, masak hingga mendidih dan saring
100 gram kerang
150 gram mie basah, aku pakai spagetti, rebus dan tiriskan
2 tangkai daun bawang
1 sdt cabe kering bubuk kasar
(more…)

Coconut Milk Desserts Potato Potato Flour Sago Flour/ Tapioca Flour Uncategorised

Kolak Biji Salak dari Kentang

Bismillahirrahmanirrahiim…
Alhamdulillah sudah hari ke 9 puasa Ramadhan, terasa cepat sekali kah?Β  nggak juga hihihihi *mungkin karena efek 19 jam puasa disini ya*

Puasa ke 2 Ramadhan lalu, aku niatkan buat takjil. Biasanya ga pernah, karena begitu buka puasa biasanya kita makan buah lalu shalat Magrib baru kemudian makan menu utama. Waktu buka puasa yang cukup malam membuat jatah waktu menikmati makanan hanya sedikit, karena kita pun harus segera tidur supaya aktifitas esok hari tetap segar, walaupun mengantuk juga sih πŸ™„

Kolak biji salak kali ini aku menggunakan kentag sebagai pengganti ubi, karena saat itu ubi di supermarket kok ya kosong terus, jadilah nyobain pake kentang πŸ˜‰ Sebelumnya pernah membuat kolak ini menggunakan ubi merah, sekitar 3 tahun yang lalu.

Kolak Biji Salak

Ingredients:
Biji Salak
350 gram kentang, kupas potong potong dan rebus, angkat, haluskan panas panas
7 sdm munjung tepung sagu, aku menggunakan Kartoffelmehl
5 sdm gula pasir
1/2Β  sdt garam

1 liter air untuk merebus
(more…)

Allgemein Asian Food Cooking/ Baking Tutorial Fish Frying Indonesian Food Kitchen Diary Minyak olahan ikan/ Fish Pempek Potato Flour Recipes Seafood/ Hasil Laut Snack Asin/ Savoury Snacks Telur Traditional Uncategorised

Pempek Ikan ala Jerman

Siapa yang kangen sama pempek? *tunjuk tangan tinggi tinggiiii*

Masakan khas palembang dengan cita rasa ikan empuk dan kenyal. Ketiadaan daging ikan tenggiri segar disini, sepertinya ga mnyurutkan keinginan membuat pempek sendiri. πŸ˜‰

***

Sudah berkali kali membuat pempek dari berbagai jenis ikan disini, sampe pernah pake ikan seelachsfillet yang berakhir jadi siomay dengan bentuk ga karuan karena si ikan ga mau menyatu dengan tepung sagu, hiks… dan sekarang sudah faham , ikan ikan yang bisa digunakan buat pempek πŸ˜‰

Awalnya aku selalu membuat hanya dengan ikan pangasius, ikan ini teksturnya halus hanya ga ada amis yang tercium, jadi setiap membuat aku selalu menambahkan ikan salmon biar wangi amis ikan. Tapi amis disini ngga amis banget sih, beda sama amis ikan segar seperti di pastrad Indonesia. Jadi buat yang ga suka amis, sepertinya masih bisa ditoleransi πŸ™„

***

Saat di tanah air, cukup sering membuat pempek sendiri apalagi saat di rumah mama di Lampung, pasti ga absen deh buat pempek ;). Nah sekarang, di Jerman kudu juga buat sendiri, untuk obat kangen heehehehe….

Berikut resepnya ya….

Pempek Ikan
(more…)

error: Content is protected !!