Recent Posts

Ramadan saat Pandemic

Hari ini, aku ingin punya target persiapan Ramadan. Sekalipun kami sudah juga mempersiapkandari hari-hari sebelumnya, sepertinya H- 5 ini ingin lebih maksimal biar ga melulu urusan “menu berbuka puasa”. Membuat banner, menyemarakkan Ramadan kali ini yang jauh sekali dari rencana kepulangan kami ke Indonesia. Berawal […]

Murajaah bersama anak-anak

Murajaah Al Quran bersama anak-anak hamper setiap malam kami lakukan. Sebelum masuk ke kamar masing-masing, rutin berkumpul dan sama sama mebaca surat tertentu disertai surah Al Mulk. Dari sini sangat membantu sekali anak-anak untuk menjaga hafalannya. Eh kok anak-anak saja? Iya, saya pun kalah jauh […]

Keberkahan Waktu

Merutinkan pagi setelah bada subuh atau menunggu subuh dengan membaca Al Quran tentu saja nikmat banget. Akan ada keberkahan di dalamnya di hari itu. Sekalipun waktu sama 24 jam tapi ma shaa Allah bisa selesai dalam waktu yang cepat, tidak terus ada aja yang bisa menunda membaca Al Quran.

Begitu juga shalat, adzan berkumandang langsung tinggalkan pekerjaan dan kemudian shalat, nikmatnyaa Ma shaa Allah

Kualitas bacaan Al Quran

Kalau kemarin berkaitan dengan kuantiti, kali ini aku mencoba lebih lambat ritme dalam membaca, asas kehati-hatian agar lidah ini tidak kelu dan makhrajal huruf yang keluar pun sesuai dengan huruf yang dimaksud. Sesekali masih membuka buku melihat catatan huruf tersebut ke luar dari mana di […]

Kuantitas bacaan Al Quran

Minggu ini ingin berkencan dengan Al Quran, fokus pada kuntiti bacaan quran. Sekalipun mengikuti OWOJ, aku memberanikan diri untuk ikut partisipasi khatam sehari bersama emak-emak komunitas HS dan untuk pertama kalinya mengambil jatah 2 juz dalam sehari. Targetnya magrib sudah selesai, namun beberapa kendala dengan […]

Voilaa, the roots are there !!

Hari ini pengen update perkembangan beberapa penghuni kebun kecilku. Termasuk juga mengenai propagation yang aku lakukan dengan system watery atau simpelnya si pohon kita potong dengan alat tajam dan kemudian direndam air, diganti airnya secara berkala. Voilaaaa, dalam waktu 2 minggu (waktu variatif) akan tumbuh akar dan siap dipindahkan ke pot tanah.

Untuk beberapa tanaman ada yang ga boleh banget berada di bawah sinar matahari langsung. Dan aku kecolongan dong, soalnya malam hujan eh siang hari berikutnya kelupaan, zonk deh lihat si daun kebakar gini…

Gapapa kan pelajaran…

Memelihara Tanaman

Paling senang sekali kalau lihat semburat cahaya pagi menembus tanaman-tanaman gantung yang segar. Selagi menikmati pun aku seringnya juga mencabuti beberapa pohon liar dan dedaunan yang kurang bagus namun tetap kokoh menempel di batang utama agar nutrisi dari akar tidak lagi untuk daun rusak tadi […]

Hemat Air dan Berkebun

Bagi sebagian orang, memiliki banyak tanaman itu sama halnya dengan menambah pengeluaran, seperti tagihan air, pupuk tanah, kompos dan juga peralatannya termasuk pohon-pohonnya. Beberapa kali hujan aku berinisiatif untuk menampung air dari talang rumah di ember, yang meskioun tidak terlalu besar, yang penting ada tutupnya. […]

Lee Kwan Yu vs Sensivera

Mengganti tanaman Sanseivera dengan Lee Kwan Yeuw kali ini adalah keputusan yang tepat. Ditambah cuaca cerah hari ini yang sedang bagus banget, Alhamdulillah jadinya tambah semangat kan ngurusin tanaman.

Hampir sepekan aku mengamati si pohon ini yang ditanam di pot pagar. Sekalipun terpapar sinar matahari cukup banyak, selalu busuk daunnya dan ga tumbuh dengan baik. Aku curiga aliran air di pot menggenang sedangkan pohon ini relatif tidak suka air. Dan kemudian pun dibongkar semuanya dan seperti dugaanku lubang airnya hanya 1 di setiap bagian dan tanah bagian bawah sangat basah akibat air yang tidak mengalir ke luar.

Semoga semakin tumbuh subur dan cepat membaik si Sensivera aamiiin

Water Propagation

Melihat sudah hampir 3 minggu tanda tanda si cilantro, parsley dan peterselie tak kunjung tumbuh aku memutuskan menanam yang lain di lahan tersebut, tapi tetep sih ga aku cabut tandanya di sana. Siapa tau kan muncul di hari keberapaaa gitu, as suprise hihihi #mulaihalu atau […]


error: Content is protected !!