Kebutuhan atau Keinginan?

Rasanya soal keuangan ini ga cukup dong ya kalo cuma baca, diskusi teori saja. Iya, harus ada praktek langsung. Kalau soal beli sesuatu dan ada uangnya cukup, inshaaAllah anak-anak sudah faham lah ya. Di sekolah juga sering mengadakan Muffin Verkauf (Jual muffin), yang semua hasil penjualan memang ditujukan untuk project kegiatan sekolah, atau project amal.

Sejak anak-anak kecil, pada saat belanja dan sebelum berangkat belanja keperluan atau harus ke minimarket, aku selalu kasih afirmasi positif berupa „boleh memilih sesuatu yang sehat ya, masing-masing 1“ teruuuuuuus aja begitu hingga sekarang, sehingga mereka faham apa yang patut dibeli. Apalagi di Jerman, variasi makanan yang halal haram berdampingan istilahnya. Kerap kali mereka dengan mata terbuka melihat daging yang jelas bertuliskan daging b2. Sehingga sudah pasti pembahasan ini lanjut dalam konteks halal haram.

Bahkan, ketika kakak belanja sendiri pesanan bunda dan ternyata yang dia beli kurang tepat (ada bahan yang tidak boleh dikonsumsi), sudah mulai bertanya “Bahan apa aja sih yang kita ga boleh?” Ahhhh Jackpot !!!!
Pertanyaan ini seperti memperlihatkan murid siap menerima ilmu. Sehingga kami pun berdiskusi tentang penggunaan gelatin pada makanan, minuman, lemak, curd, dsb

Jadi menahan diri dari sesuatu yang “tidak diperbolehkan” merupakan prestasi menahan dari rasa ingin berlebihan.

#day3
#kelasbunsayiip
#level8



Leave a Reply


error: Content is protected !!