Pemanfaatan Teknologi : Merakit Si Vernie Robot (bag 1)

Pemanfaatan Teknologi : Merakit Si Vernie Robot (bag 1)

“My Lord! Enrich me with knowledge..” (Quran, 20:114)

Project mengenai robot dan coding ini sudah sejak lama mangkrak *eh, iya sejak aku hamil dan harus intens dengan tempat tidur dan kamar mandi karena kondisi kehamilan. Sehingga tidak memungkinkan lanjut project plan yg sudah direncanakan. Sekalipun saat ini sedikit belok arah, tujuannya tetap sama.

Alhamdulillah pasca lahiran beberapa bulan inshaaAllah lanjut lagi, semangaaat!!! Who-s-the-man 

Sebelumnya sudah pernah diceritakan juga di blog ini, tentang pemanfaatan laptop kakak, yang kami perkenalkan fungsinya yang lain, sehingga tidak melulu untuk nonton youtube atau game. Kali itu difungsikan sebagai catatan keuangannya sambil belajar excel.

Nah kali ini agak berbeda, tahapannya cukup panjang, sehingga tidak sehari, dua hari jadi dan selesai melainkan harus melewati beberapa tahapan.

Du schaffst das, Afi !!! I-Wish

Tahapan hari ini yang dilewati, merakit. Merakit komponennya yang terbilang cukup kecil dan lebih kompleks dibandingkan sebelum-sebelumnya. Selain butuh konsentrasi, melihat detail prosesnya melalui petunjuknya pun butuh koordinasi yang baik. Kalau sudah mengerjakan ini, berangkat sekolah hingga pulang kembali pun langsung ngoprek rakitannya, belum selesai ya belum pindah kegiatan yang lain.

Meskipun rumit, dia sangat menikmatinya.Meskipun tidak dalam sehari, rakitannya jadi, dia terlihat sangat antusias. Aerobics


B : Siapa kak, nama robotnya?
Af : Robot Vernie
B : Bagian apa ini, untuk apanya? (melihat dia merangkai sesuatu)
Af : ini untuk kaki, jadi buat dia bergerak, diletakkan seperti ini (sambil menunjukkan bagaimana rakitan terpisahnya tadi diaplikasikan ke kaki Vernie)
B : oooh… jadi bergerak seperti tank ya
Terlihat juga, teteh Aqi, yang juga ikut membantu dan ingin tahu, apa yang dibuat kakaknya. Hi


Tentang Vernie robot, bisa dilihat di sini.

Project ini memang belum sampai tahap earn. Namun, apa yang dilakukannya ini semata membuat komputer yang digunakan lebih bermanfaat dan produktif dibanding hanya sekedar konsumsi. Memberikan kakak tantangan untuk diselesaikan lebih membuatnya produktif, ditambah kami memberikan kepercayaan penuh kepadanya untuk menyelesaikan sendiri.

Dengan catatan…
“Jika ada yang tidak tahu, jangan segan bertanya. Tidak ada pertanyaan yang salah. Kita cari solusinya bersama-sama.”

Gut Gemacht, kakak Afi !!! Approve

Vernie dan pembuatnya, Afiqah

#HariKe-3
#GameLevel7
#Tantangan10Hari
#KuliahBunsayIIP
#materi7
#semuaanakadalahbintang
#institutibuprofesional
#kelasbundasayang

Save

Save

Save



Leave a Reply


error: Content is protected !!