Ramadhan, bagiku….

Ramadhan, bagiku….


Memulai topik menarik dengan anak-anak, sepertinya tidak mengenal waktu dan tempat. Dimana kami bersama dan tidak perlu waktu khusus terjadwal, ngobrol asyik itu akan muncul dengan sendirinya. Seperti halnya kali ini, jadwal dokter gigi kakak Afiqah.  Dan sudah pasti, kami berangkat menuju dokter gigi berempat, aku, kakak Afi, teteh Aqi dan Baby Arf.

Alhamdulillah sekarang sudah berempat Heart

Dalam perjalanan, kondisi trem yang agak penuh, kami banyak bersyukur dengan kesempatan bisa duduk semua. Hal yang menarik, di saat kakak Afi harus berdiri, karena tidak ingin duduk bersama orang lain, melainkan berdiri dekat dengan kursi kami yang hanya berdua (untukku dan teteh Aqi), dengan rasa kasih sayang, teteh Aqi menawarkannya (kakak) untuk duduk di tempatnya dan meminta kakak memangkunya.

Aq : Kakak Afi, Schoß sitzen ?
Af : ja…

Teteh pun kemudian duduk dipangku kakaknya. Sedangkan aku duduk juga sambil menggendong Baby Arf. Dan kami pun memulai topik diskusi.

Hal yang paling aku sukai dari kedua kakaknya ini, saat mereka ngobrol intensif berdua, iya kadangkala menggunakan bahasa Jerman, kadang bahasa Indonesia. Nah, apa menariknya?
Menariknya ketika aku mendengar kosakata dalam bahasa Jerman, tapi aku ga tau artinya. Hihihi… Tired

Seperti kata „Schoß“ di percakapan di atas, yang merupakan Noun dengan sifat maskulin, der Schoß, yang berarti pangkuan dan juga bisa berarti kandungan atau uterus perempuan.
Kosakata dalam bahasa percakapan denga bahasa baku yang dipelajari di kelas bahasa tentu agak berbeda, sehingga seringkali bahasa percakapan (umgangsspräche) sering aku temui di percakapan anak-anak, teman mereka dan juga ngobrol antar orang tua murid.

Slam-Dunk See, kami belajar bersama di zamannya…
Semua guru dan semua murid, bedanya kalau bersama anak-anak aku sebagai fasilitator, kalau aku yang ingin tahu, mencoba mencari tahu sendiri. Wallahu a’lam

Semoga Allah memudahkan langkah kami dan semua pencari ilmu di bumi Allah untuk mendapatkan ilmu yang barokah, berkah, manfaat untuk umat, inshaaAllah… aaamiin Ya Rabb Angel


Balik lagi di topik diskusi, aku menanyakan ke anak-anak tentang Ramadhan…

B : Kita kan sudah masuk bulan Ramadhan. Apa ya itu Ramadhan?
Af : Bulan puasa, kita tidak makan dan minum, kita sedekah, membayar zakat…
B : Keren kakak !! Iya bulan ini spesial banget, karena biasanya hanya 1 kebaikan, kita memperoleh 10 kebaikan. Jadi bukan lagi dobel melainkan 10 kali lipatnya. Teteh, masih kuat puasanya?
Aq : masiiiih….
B : Teteh puasa?
Aq : Puasa…
B : Alhamdulillah kalau masih kuat. Nanti kita di dokter gigi, di ruang tunggu selalu disediakan minum. Karena puasa, nanti main atau baca buku aja ya…
Aq : Iyaa (sambil mengangguk)

Dan kami pun turun di halte terdekat dari praktek dokter gigi…

#semuaanakadalahbintang
#institutibuprofesional
#kelasbundasayang



Leave a Reply


error: Content is protected !!