Kreatifitas Tanpa Batas (Melatih Kembali Koordinasi Tangan, membuat Pita/ Mengikat Tali Sepatu)

Kreatifitas Tanpa Batas (Melatih Kembali Koordinasi Tangan, membuat Pita/ Mengikat Tali Sepatu)
pic source : tresriosrvpark.com

Mengulang kegiatan yang sama, namun dalam suasana dan tantangan yang berbeda tentu memberikan nuansa baru. Sebelumnya saat doi uur 2-3 tahun, tantangannya cukup mengikat, tapi kali ini, merangkainya dari awal.

Sengaja membuat kegiaan ini di saat Winter, yang intensitas keluar rumah juga ga banyak ditambah juga dengan sebagian besar sepatunya sekarang tanpa tali.

Tentunya kegiatan ini, selain agar mengasah kemampuannya membuat simpul dan mengikat tali, juga melatih koordinasi tangannya, apalagi sekrang doi sedang belajar menulis, jadi kegiatan ini bisa membuat rileks dari rutinitas menulis.

Membutuhkan rasa sabar dalam merangkai tali, mampu mengasah kecerdasan emosionalnya, kadang naik, kadang turun, apalagi jika merasa hasilnya tidak tepat, berbeda seperti yang ia harapkan. Disini, butuh  encouragement dari aku, memastikan dia tidak menyerah, lantas berhenti melanjutkan.

Berhenti melanjutkan karena menyerah berbeda dengan berhenti karena memang rentang fokusnya yang masih minim, kepekaan orang tua dalam mendampingi kegiatan anak sangat diperlukan. Posisikan diri sebagai anak-anak, yang baru pertama kali mengusahakan sesuatu ^_^

Berbicara mengenai rentang fokus atau konsentrasi anak, yang aku ketahui, lamanya rentang fokus anak konsentrasi dengan sesuatu yang dikerjakan, yakni selama 1 menit dikalikan dengan umurnya (1 menit x umur anak), jadi misalnya anak 4 tahun, makan rentang fokusnya 1 menit x 4 = 4 menit. Sebentar banget yak?? bangeeet !!

Lalu, apa yang bisa aku lakukan jika project bermain hari itu membutuhkan waktu 15 menit untuk menyelesaikan?

Lakukan Ice breaking
Yup, ga cuma kita kan kalo lagi seminar atau perkuliahan ada sejenak waktu untuk merilekskan pikiran? Who-s-the-man

Ice breaking, bisa dilakukan dengan memberikan kegiatan lain sejenak, menyanyi, tepuk tangan, permainan lain, dsb. Konseskuensinya jelas, membutuhkan waktu lebih lama, 15 menit untuk fokus project plus 5 menit x 4 kali untuk ice breaking. Lebih baik begini, sehingga membuat doi semangat dan belajar dalam keadaan hati yang senaaaaang Heart

Well done, teteh Aqi !!! Approve

#tantangan_hari_ke7
#kelasbunsayiip3
#game_level3
#kami_bisa



Leave a Reply


error: Content is protected !!