Ukuran Luas Wohnung atau Tempat Tinggal

Ukuran Luas Wohnung atau Tempat Tinggal


Bukti  kepemilikan/ kontrak sewa tempat tinggal dengan luas yang memnuhi syarat tinggal di Jerman sangat mutlak diperlukan untuk mengajukan Visa Kumpul Keluarga (Visa Nasional) Jerman.

Pada saat mengajukan Visa, saya membawa 1 bundel dengan 2 rangkap untuk satu pendaftar visa (dalam hal ini saya membawa 6 rangkap dengan 3 pendaftar visa, 1 ibu dan 2 anak). Dan ini tidak perlu dikirimkan langsung dari Jerman melainkan hanya discan dan dikirimkan via email yang selanjutnya saya print.

Syarat luas Wohnung di Jerman:

6 tahun : 12 m2
2-6 tahun : 10 m2
< 2 tahun : 0 m2

Begitu kira kira pointnya dari aturan luas Wohnung yang aku lihat disini dan disini (point 2.4). Atau bisa juga cari dengan kata kunci „Wohnraumerfordernis“ , tentunya semua berbahasa Jerman. Aturan ini bisa jadi ada perubahan dan perubahan yaa… jadi untuk updatenya silahkan dilihat lihat lagi dengan kata kunci tersebut.

Untuk mencari tempat tinggal, silahkan rajin rajin melihat website ini,  http://wg-gesucht.de/ atau juga bisa cari di Studentenwohnheim dari Universitas tempat belajar (bagi mahasiswa) . Pengalaman kami di Mannheim, biaya sewa  Studentenwohnheim lebih mahal dari sewa di luar (bisa jadi mahal karena memang gedung tsb termasuk baru dibangun).

Mencari tempat tinggal ini harus sangat sangat dan banyak sabar. Kenapa?? Yaaa sama saja dengan kita kalau di Indonesia mencari rumah tinggal kan, ga mudah untuk sreg dan kemudian kita tinggali. Bedanya kalau disini (Jerman) yang menentukan sreg atau tidaknya adalah si pemilik rumah. Ada yang tidak suka keluarga/ pasangan, orang asia, atau tidak suka kalau ada anak dan sederet alasan lainnya. Karena itulah, aku beri catatan “sabar” di atas, inshaaAllah niat baik berkumpul keluarga ada kemudahan dibalik kesulitan, percaya deh ! 😉

Mengenai Visa Kumpul Keluarga lainnya, bisa di klik di link di bawah ini:
Visa Kumpul Keluarga Jerman
Perjalanan Jakarta Frankfurt
Surat Undangan Visa

Buat yang sedang mengurus, semoga lancar dan dimudahkan yaaa inshaaAllah aaamiiin… <3 <3



0 thoughts on “Ukuran Luas Wohnung atau Tempat Tinggal”

Leave a Reply


error: Content is protected !!