Surat Undangan Visa Kumpul Keluarga

Surat Undangan Visa Kumpul Keluarga


Surat sakti berstempel Ausländerbehörde merupakan salah satu dari sekian berkas penting yang diperlukan untuk pengajuan visa Jerman (Dalam hal ini saya membahas,  pengajuan Visa Kumpul Keluarga ke Jerman).

Surat ini dibuat dan dipersiapkan sendiri oleh si pengundang keluarga, yang sudah memeiliki Ausweis (KTP Jerman) dan pastinya sudah memiliki surat keterangan Anmeldenbestätigung. Proses ini kami lakukan setelah saya (yang berada di Indonesia), sudah lulus ujian A1 dari Goethe Institut Jakarta. InshaaAllah proses mendapatkan Ijazah A1 Bahasa Jerman, berikutnya akan saya share.

Pengalaman, baru datang ke Jerman tentunya tidak bisa langsung berbahasa Jerman. Apalagi disuruh buat surat resmi, puyeng laah yaaa… untuk itulah aku buat tulisan ini, untuk yang membutuhkan…

Untuk mengajukan surat ini, berkas yang perlu dibawa, yaitu Ausweis dan Anmeldenbestätigung (bisa jadi berbeda tergantung kota dimana tinggal yaaa, jadi ini pengalaman kami di kota Mannheim, Jerman).

Nanti ketika, yang diundang (anggota keluarga di Indonesia) mengajukan berkas pendaftaran Visa di Jakarta, si pengundang akan dipanggil kembali melalui surat, oleh Ausländerbehörde untuk konfirmasi berkas bukti rumah tinggal dan berkas lainnya,

Cerita sedikit, saat ingin mengajukan surat ini, kami mengalami kendala, karena salah satu pegawai langsung menolak dan bilang „Tidak boleh mengundang, anda tidak bisa membawa keluarga !“ Jleb banget yak? Hmmmm…. sedih pastinya, tapi bukankah hanya kepada Allah SWT tempat mengadu ?

”Apa saja nikmat yang ada pada kamu, maka dari Allah(lah) datangnya, dan bila kamu ditimpa kemudharatan maka hanya kepada-Nyalah kamu meminta pertolongan.” (QS. An Nahl : 53)

Hari berikutnya, berikhtiar kembali untuk proses mengundang ini dan Alhamdulillah dipertemukan oleh pegawai yang lain, yang lebih manusiawi 😀

Berikutnya, surat dikirimkan melalui Deutsch Post, kiriman surat biasa yang memakan waktu hingga 3 minggu untuk sampai di Indonesia (Depok, Jawa Barat).

Mengenai Visa Kumpul Keluarga lainnya, bisa di klik di link di bawah ini:
Visa Kumpul Keluarga Jerman
Perjalanan Jakarta Frankfurt
Syarat Luas Tempat Tinggal



0 thoughts on “Surat Undangan Visa Kumpul Keluarga”

  • Jamanku dulu, buat yg mau tinggal di Jerman nggak perlu kursus bahasa dulu di tanah air. Kursusnya ntar kl udah nyampe. Sptnya sekarang syarat bahasa ini juga udah melonggar lagi sejak membludaknya pengungsi.
    • Kalo pengungsi kan sifatnya Asylum ya beth, kayanya merek aga masuk kategori. Tapi kalau sengaja datang dengan Visa akan berurusan dengan ini. Waah berarti dirimu sudah dari lama dong ya datang ke Jerman. Sudah berapa tahun disini, Beth?
      • Iya sih... Aku udah dr tahun 2007 di sini Mel. Dulu jg rajin nulis soal visa, German life dll di Multiply pas masih baru-baru. Masih aku simpen semua sih tulisanku tp entah nyimpennya di mana, lupa 🙈
    • ini maksdnya surat undangan kah? Pengalaman pribadi, kami menggunakan surat undangan hasil buatan sendiri yang kemudian disahkan oleh Ausländerbehörde (seperti yang saya cantumkan di tulisan ini). Hal ini tidak selalu sama, bisa jadi berbeda, tergantung kota yang bersangkutan. Sebagian kota ada yang menggunakan Verpflichtungserklärung untuk mengundang keluarga. Semoga jawabannya sesuai dengan pertanyaan yang dimaksud yaaa ;)
  • Iya surat undangan. Saya kebetulan tinggal di Dortmund dan kemaren sempet tanya ke ABH, kata mereka tidak ada dokumen seperti itu yang diterbitkan ABH. Jadi misal saya buat sendiri undangannya tanpa legalisir Ausländerbehörde juga bisa?
    • Memang membuat sendiri, nanti dari ABH akan kasih stempel seperti contoh surat di postingan ini. Kalau tanpa stempel ABH, saya kurang faham validasinya di kedutaan Jerman di Indonesia. Sebelumnya sudah tanya di ABH Dortmund, bagaimana jika ingin mengundang keluarga? Mungkin bisa ditanyakan terlebih dahulu biar lebih akurat. Ada pengalaman teman di kota lain, mereka malah harus menggunakan Versplichtungerklärung untuk mengundang, sedangkan di kota Ma, surat itu memang untuk mengundang tapi sebatas visa schengen. Hope it helps Pak Ihsan

Leave a Reply


error: Content is protected !!