Potato Donuts with Starter Dough Method

Potato Donuts with Starter Dough Method

Donat Coklat tabu meises

💡 Ingin membuat donat dengan metode ini, sebenarnya diawali dengan 2 kali membuat roti dengan cara yang sama dan aku langsung jatuh cinta dengan seratnya yang lembut dan empuk. Nama rotinya,  5 Thousand Dollars Starter Dough Bread.

Saking jatuh cintanya dengan hasil roti yang menggunakan Starter Dough Method, timbul keinginan buat donat dengan cara ini dan tentunya pake kentang. Ketahuan dong donat kentang kan udah empuk banget, nah gimana kalau ditambah metode ini……………. 🙄

Donat coklat tabur sesame seeds

Berikut resepnya yaaa…
Aku membuatnya langsung 2 resep, hasil jadi 24 buah atau 2 lusin donat. Jadi yang merasa kebanyakan, boleh mencoba 1/4 atau 1/2  resep dari yang kutulis ini yaaa 😀

Potato Donut with Starter Dough Method

Ingredients:

Starter Dough
300 gram tepung terigu (Jerman : menggunakan type 405; Indonesia: bisa menggunakan tepung terigu protein sedang/ tinggi)
250 air
7 gram ragi instan
50 gram gula pasir

Dough
450 gram tepung terigu + 50 gram (untuk taburan)
1 butir telur
100 gram gula pasir
400 gram kentang kukus, yang aku dapatkan dari mashed potato instan 125 gram dimasak dengan 250 ml air panas, diaduk hingga kental, sisihkan hingga dingin
1 sdt garam
80 gram butter

Chocolate Topping
Aku menggunakan ganache coklat 1:1
150 ml heavy cream (schlagsahne)
150 gram coklat batang (Dark atau Milk), cincang kasar
1 sdt butter
Taburan diatas topping : black sesame, white sesame, flaxseed (Leinsamen), meises coklat

How to:
1. Starter Dough  
————————- > Dalam wadah bersih, campur semuanya, tutup kain bersih/ cling wrap, sisihkan selama 2 jam atau hingga adonan naik 2x lipat. Saat membuat ini suhu luar rumah 14 C dan aku juga tidak menyalakan pemanas, jadi sampai 3 jam baru naik adonannya.

2.  Dough
————————- > Masukkan semua bahan Dough ditambah dengan Starter Dough yang sudah naik, uleni hingga kalis. Kemudian bagi adonan masing masing 50-60 gram, rounding bulat hingga selesai. Kemudian bolongi tengahnya dengan jari dan sisihkan donat yang sudah dibentuk, tutupi donat dengan kain bersih dan biarkan hingga adonan donat yang sudah dibentuk, mengembang.

Adonan yang sudah dibentuk, kemudian proofing 1x saja

Adonan ditutup dengan kain bersih 🙂

Donat yang sudah dibentuk, setelah mengembang dan siap digoreng

Pada step ini aku melakukan proofing hanya satu kali. Menurut temanku Inna, pemilik donat potato dari Surabaya, proofing sekali cukup supaya tidak ada udara yang terperangkap di dalam adonan dan saat digoreng donatnya tidak mengeluarkan gelembung, akibat udara yang masih ada di dalamnya.

Setelah adonan naik, goreng donat di minyak yang cukup banyak dengan api panas sedang. Sisihkan dan dinginkan donat yang sudah digoreng.

Contoh donat yang digoreng dengan api kekecilan, jadi kelamaan di penggorengan akibatnya merekah deh -_-” , pas goreng ini aku tinggal sebentar nemenin Aqila, jadinya aku kecilin kompornya.

Donat, setelah digoreng

3. Chocolate Topping
————————- > Tim heavy cream hingga hangat lalu masukkan cincangan coklat, aduk hingga seluruhnya meleleh, angkat kemudian tambahkan butter, aduk rata

Donat, setelah 1/2 bagiannya dicelup coklat topping

4. Celupkan ½ bagian donat ke topping, beri taburan sesuai selera, sisihkan di rak kawat
5. Sajikan

Selamat Mencoba ^_^
Yeaaay….. I got kisses in every donut they ate 😉 <3 <3 <3 <3

Note : Penggunaan kentang di resep ini bisa dikurangi menjadi cukup 250 gram, supaya tidak terlalu merekah saat di goreng baik di suhu sedang maupun panas.



0 thoughts on “Potato Donuts with Starter Dough Method”

Leave a Reply


error: Content is protected !!