Cireng Empuk Gurih

Cireng Empuk Gurih

Seliweran foto cireng yang menggugah selera di fb lumayan juga bikin manyun hihihi… enak kaaan kalo ada yang tinggal goreng 😛 *dasar

Pernah sih buat sendiri, itu juga kira kira aja resepnya, dan si aci ga pake mbeledhos *bahasaku (red: meletus, muncrat muncrat), saat di goreng. Baca postingan cireng mba rinros yang mbledhos dan keliatannya empuk di fb. Liat resepnya, ternyata takaran airnya cukup banyak juga, 1:1 dengan tepung acinya.

Boleh juga deh di eksekusi 🙂

Ini resepnya yaaa, aku ubah sedikit dengan bahan yang ada di dapurku….


Cireng Empuk Gurih

Ingredients :
300 gram Tepung Kentang/ Kartoffelmehl/ Tepung Sagu
2 siung bawang putih, haluskan
2 sdt garam
1/2 sdt lada
¼ sdt ketumbar bubuk
300 ml air kaldu ayam
3 batang daun bawang, iris halus

How to:
1. Dalam wadah besar, campur tepung kentang/ sagu dan daun bawang
2. Rebus air kaldu, beri garam, ketumbar, dan lada, hingga mendidih
3. Setelah mendidih, matikan api, masukkan ke dalam adonan tepung sedikit demi sedikit sambil diaduk menggunakan sendok kayu.
4. Panaskan minyak secukupnya untuk menggoreng, ambil adonan 1 sdm, pipihkan dengan tangan, goreng hingga matang, lakukan hingga adonan habis. Adonan jika tidak dipipihkan kemungkinan meletus saat menggoreng akan lebih besar, jadi lebih baik di pipihkan saja
5. Sajikan dengan kuah cuko atau sambal petis

Resep Cuko ada disini dan disini
Untuk sambal petis, aku sudah pernah buat tapi ga ada dokumentasi dan resepnya pun main kira kira aja jadi ga dicatat. Lain kali kalo buat, aku usahakan mencatat, kebetulan masih ada petis kiriman dari Rurie di kulkas 😉

Selamat menikmati cireng ^_^



0 thoughts on “Cireng Empuk Gurih”

Leave a Reply


error: Content is protected !!