Nasi Campur Bali

Nasi Campur Bali

Inget resep pelalah yang pernah aku share resepnya disini?? Lalu di penghujung tulisan muncul foto nasi campur bali komplit dan aku belum juga nulis resepnya sampe sekarang ketokketokmeja , terlalu klasik kayanya ya kalau beralasan sibuk dan “sok sibuk”, padahal sih emang demikian. Intinya, kalau anak anak bangun pagi dan ON, sudah selayaknya ini laptop di off kan dan semua gadget di sembunyikan 🙄

Berawal dari nama si pelalah dan apakah itu lalu kemudian merujuk ke Nasi Campur Bali, lalu sayapun ternganga dan baru ingat kalau awal nikah dulu tahun 2007, pernah kena kutukan sate lilit bali. Kok kutukan? gagal mlulu kalau buat sate lilit, euuuuyy… 😳 , selalu saja mak prul gitu dagingnya, ga mau nyatu… dulu lihatnya resep di tabloid, bahannya plek ketiplek, yaaa namanya juga pemula yak, ikut aja apa kata resep, belum pinter liat resep, gagal maah biasaaa… namanya juga belajar 😉


Nasi Campur Bali, terdiri atas Nasi, sambal matah, sate lilit, ayam pelalah, urap sayur dan telur bumbu bali. Serunya, kali ini aku buat menunya komplit plit, asik kan? 😉

Jujur saja, aku belom pernah merasakan rasa nasi bali asli di bali dan dibuat oleh orang bali kasiandehah tapiiiii jaman sekarang ada internet dan banyak temen dekat yang memang orang bali atau memiliki riwayat tumbuh besar di Bali, tentunya berdampak positif dong buat pengetahuan masakan tradisional Indonesia, ya ga? Bertanya dan cari tahu plus praktek, itu saja sih intinya ^^‘

Umumnya, sate lilit menggunakan batang serai sebagai pengganti tusukannya. Karena disini (Jerman) harga serai itu lumayan bikin tongpes hihihihi… jadilah pake tusukan sate biasa. Tetep bisa kok ^^‘
Berikut resep sate lilit bali dan sambal matahnyaaa….


Sate Lilit Bali

Ingredients:
500 gram Ikan, aku menggunakan ikan pangasius, giling halus
2 sdm kelapa muda parut/ kokos
2 sdt garam
1 sdm minyak makan
20 batang tusuk sate, rendam air
1 sdt gula pasir

Bumbu halus:
6 siung bawang merah/ 4 shallote
4 siung bawang putih
3 buah cabai merah/ 3 buah cabe rawit kering, giling/ 2 sdt muncung cabai kering kasar
1 cm kencur
1 cm jahe
1 batang serai, ambil bagian putihnya
1 cm kunyit/ ½ sdt kunyit bubuk
½ sdt lada bubuk
½ sdt ketumbar bubuk

How to:
1. Dalam wadah bersih, campur ikan giling, kelapa parut, garam, gula dan bumbu halus, aduk rata
2. Tambahkan minyak, aduk rata
3. Ambil segenggam daging ikan, lalu tempelkan ke tusuk sate dan dikepal kepal menggunakan tangan (gunakan sarung tangan)
4. Langsung letakkan di pan anti lengket yang sudah dipanaskan tanpa minyak, bolak balik hingga matang
5. Lakukan hingga semua adonan ikan habis
6. Sajikan Sate Lilit bersama menu lainnya untuk melengkapi Nasi Campur Bali

Selamat Mencoba ^_^

Sambal Matah

Ingredients:
5 cabe rawit merah
5 cabe rawit hijau
5 siung bawang merah / 3 siung schallote
1 bh lemon/ bisa menggunakan jeruk nipis
1 batang serai, ambil putihnya, potong tipis tipis
½ sdt garam
¼ sdt gula pasir
1 sdt terasi goreng
1 sdm minyak goreng

How to:
1. Iris tipis cabe rawit merah, hijau dan bawang merah, campurkan terasi,serai,  gula, garam, remas remas dengan tangan (gunakan sarung tangan), lalu kucuri air lemon
2. Sajikan

Selamat Mencoba ^_^

Links :
Ayam Pelalah
Urap Sayur
Telur Bumbu Bali



0 thoughts on “Nasi Campur Bali”

Leave a Reply


error: Content is protected !!