Kolak Biji Salak dari Kentang

Bismillahirrahmanirrahiim…
Alhamdulillah sudah hari ke 9 puasa Ramadhan, terasa cepat sekali kah?  nggak juga hihihihi *mungkin karena efek 19 jam puasa disini ya*

Puasa ke 2 Ramadhan lalu, aku niatkan buat takjil. Biasanya ga pernah, karena begitu buka puasa biasanya kita makan buah lalu shalat Magrib baru kemudian makan menu utama. Waktu buka puasa yang cukup malam membuat jatah waktu menikmati makanan hanya sedikit, karena kita pun harus segera tidur supaya aktifitas esok hari tetap segar, walaupun mengantuk juga sih 🙄

Kolak biji salak kali ini aku menggunakan kentag sebagai pengganti ubi, karena saat itu ubi di supermarket kok ya kosong terus, jadilah nyobain pake kentang 😉 Sebelumnya pernah membuat kolak ini menggunakan ubi merah, sekitar 3 tahun yang lalu.

Kolak Biji Salak

Ingredients:
Biji Salak
350 gram kentang, kupas potong potong dan rebus, angkat, haluskan panas panas
7 sdm munjung tepung sagu, aku menggunakan Kartoffelmehl
5 sdm gula pasir
1/2  sdt garam

1 liter air untuk merebus

Gula Merah
200 gram gula merah, di rajang halus, gula merah yang aku beli di toko Asia kurang gelap warnanya jadi aku tambahkan 2 sdm kecap manis di cairan gula merah ini. Kecap disini taste nya tidak sekuat seperti di Indonesia, jadi sama sekali tidak merusak rasa asal jangan kebanyakan saja 😉 Tapi sebaiknya jika ada gulmer yang pekat lebih baik 🙂
5 sdm gula pasir
600 ml air
2 helai daun pandan, jika ada. Ini aku skip karena di freezer stokku sudah habis
1 sdm tepung sagu, cairkan dengan sedikit air, aduk hingga larut

Santan
200 ml santan kental
1 sdt garam

How to:
1. Biji Salak : Panaskan air hingga mendidih. Sambil menunggu air mendidih, campur kentang halus yang masih panas dengan tepung sagu, gula pasir dan garam, aduk rata hingga bisa dipulung. Jika terasa keras atau masih mawur bisa ditambahkan air 1-3 sdm, aduk rata tapi jika terasa masih terlalu lembek, tambahkan 1-2 sdm tepung sagu. Bulat bulatkan adonan kentang dan sagu, masukkan ke dalam air rebusan, lakukan hingga adonan habis. Bulatan yang sudah mengapung, tandanya sudah matang, angkat dan tiriskan
2. Gula Merah : Panaskan air hingga mendidih, masukkan gula merah, gula pasir dan daun pandan, aduk hingga gula larut. Jika sudah mendidih, masukkan larutan tepung sagu, aduk rata hingga mendidih, matikan api. Kemudian masukkan Biji Salak yang sudah matang, sisihkan
3. Santan : Didihkan santan kental dan garam hingga mendidih, sisihkan
4. Tata di wadah saji, biji salak gula merah lalu tuang santan diatasnya
5. Sajikan

Selamat Mencoba ^_^ Mudah kan?

Note:
1. Kolak biji salak ini, aku menggunakan kentang karena stok ubi di spm tidak ada. Karena kentang tidak begitu manis seperti ubi, maka aku menambahkan gula pasir di resep di atas2. Seperti yang kutulis diatas, gulmer disini tuh ga hitam pekat jadi walaupun banyak jumlahnya airnya tetap bening coklat saja, jadi kutambahkan sedikit saja kecap (2 sdm), tapi mungkin di beberapa toko Asia lainnya bisa ditemukan gulmer yang malah pekat jadi tidak perlu menambahkan kecap. Oiya jangan menambahkan kecap rasa Indonesia seperti bango atau ABC ya, karena kan rasa kecapnya kuat sekali. Aku menggunakan kecap merk Holland yang cair dan warnanya pekat serta tidak begitu manis
3. Cairan santan yang aku gunakan ternyata agak keruh warnanya berbeda dengan santan kara kental putih, jadi saat disajikan aku campur dengan susu cair 1:1 agar warnanya tidak keruh



0 thoughts on “Kolak Biji Salak dari Kentang”

    • Ubi kan sweet potato, jadi ya sama aja cuma kurang manis dibandingkan ubi, kudu nambah gulapasir. Hehehehe maklum laah disini apa apa tergantung yang ada di spm. Aku rada malas ke asiamarkt buat bela belain nyari, soalnya jauh dan pulang dari sana keburu capek hihihihihi... Jadi yang ada aja :) Berasa kaya pramuka deh jadinya, manfaatkan apa yang ada 😉

Leave a Reply


error: Content is protected !!