Ikea’s Swedish Meatball

Pernah ga sih liat menu makanan yang kenyataannya kagak bisa ikut menikmati?? hahahaha ini salah satunya!!

cucian deh ahhh 🙄

 – – – – –

Beruntungnya hidup di zaman era informasi yang tersebar via internet saat ini, memudahkan akses pencarian berlabel “resep swedish meatball” 😎 .  Jadi yuuuk ahhh makan siang ala sweden buat hari ini ❓

Ada angin segar apakah kira kira, kok hari ini masak menu ala IKea? Iya sih, memang punya alesan. Rencana minggu ini, mau ke IKea, ada perlengkapan yang perlu dibeli *pencitraan* *bilang aja mau cuci mata* 😎 , eh ternyata harus ditunda karena beberapa hal, ayah yang masih sibuk dan memang akan ada meeting beberapa hari ini, weekend pun ga bisa karena kita akan ada Auftritt Angklung di Kota tetangga, Bensheim. Lalu aku pun masih menunggu stroller baru Aqila yang akan dikirim (anaknya udah gede, stroller lama sudah ga muat dan sudah aku cuci bersih dan rapihin lalu segera akan kita lelang di ebay dan Kleinanzeigen 😛 ) ditambah lagi Kakak Afiqah juga padet jadwalnya 😎

Jadi intinya?

Kesimpulannya,  mau diskusi gimana gimana juga, minggu ini ya ga bakal sempat kesana, mau ga mau yaa minggu depan sebelum masuk bulan Ramadhan. Ga asik kan jalan keliling saat kondisi puasa 20 jam dengan cuaca puncak summer begini, bisa lemes deh yang ada 😛

Trus hubungan mau kesana sama menu makan siang hari ini? Yaaa pokoknya mau cerita, gitu aja *maksa* 😎

Nama menu ini di negara asalnya, Sweden disebut Köttbullar.

“Köttbullar (Aussprache im Schwedischen: [ɕœtbɵlːar]) sind traditionelle schwedische Fleischbällchen, die gebraten mit Preiselbeerkompott oder -marmelade, Sahnesauce und Kartoffeln oder Kartoffelpüree serviert werden. Sie sind besonders bei Kindern beliebt. Astrid Lindgren setzte ihnen ein literarisches Denkmal als Leibgericht ihrer Kinderbuch-Romanfigur „Karlsson vom Dach“. In Finnland heißen Köttbullar Lihapyörykät oder auch Lihapullat” Wikipedia


Yuuuk ahhh makan bareng di Ikea *eh 😆 Resepnya aku liat di Chungah

IKea’s Swedish Meatball

Ingredients:
750 gram Daging giling
100 gram tepung panir breadcrumbs
1 siung bawang bombay, cincang halus
4 siung bawang putih, cincang halus
1 sdm minyak, untuk menumis bawang bombay dan bawang putih
2 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/2 sdt lada putih
3 butir telur
parutan biji pala secukupnya
parsley, potong kasar

Sauce
50 gram butter
1/2 siung bawang bombay, cincang kasar
800 ml susu cair
2 sdm tepung terigu
2 sdm mustard
2 sdm mayonnaise
2 sdm saus tomat
1 sdt garam
1 sdt gula pasir
1/4 sdt lada putih
sedikit parutan pala
parsley, secukupnya dipotong kasar
catatan: di resep acuan, pake beef stock, berhubung aku ga buat, ga nyetok dan milih yang cepet, jadi pake mustard aja 😉

How to:
1. Dalam wadah bersih, campur semua bahan : daging, bawang bombay dan bawang putih yang sudah ditumis, breadcrumbs, telur, gula, garam, lada, pala, parsley. Bentuk bulat bulat dengan cara dikepal tangan.
2. Panaskan pan tanpa minyak, masukkan bola bola daging tersebut, balik bagian yang sudah matang dan masak hingga semua bola bola daging matang. Sisihkan
3. Sauce : Panaskan butter hingga meleleh, masukkan bawang bombay dan tumis hingga layu. Kecilkan api lalu masukkan terigu dan susu cair sedikit sedikit sambil diaduk, agar tidak ada terigu yang menggumpal. Masukkan garam, gula, lada, pala, mayonnaise, mustard, saus tomat, aduk rata hingga mendidih dan mengental
4. Masukkan bola bola daging ke dalam pinggan saus, taburi parsley cincang dan sajikan bersama pasta atau mashed potato dan salad sayur

Selamat Mencoba 🙂




0 thoughts on “Ikea’s Swedish Meatball”

Leave a Reply


error: Content is protected !!