Month: June 2015

Pandan Cake

Daun pandan yang wangi menandakan khas Indonesia sekali. Cake Pandan, bolu pandan, ketan srikaya dan semua teman temannya yang bernuansa pandan, sangat populer bagi kalangan masyarakat Indonesia di Jerman, yaa tentunya karena rindu nuansa tanah air juga 😉 “Pandanus amaryllifolius is a tropical plant in […]

Blueberry Cheesecake No Crust

Blueberry Cheesecake No Crust

Lagi lagi cheesecake…. Jangan bosen yaa dengan postingan yang serba keju, soalnya penggemar berat keju ^^’ Biasanya dulu buat cheesecake jarang sekali di padu dengan buah buahan segar. Dikarenakan mungkin beberapa buah di Indonesia kurang cocok untuk di padu dengan cheesecake, seperti salak, pisang, pepaya. […]

Nasi Goreng Cumi

Nasi Goreng Cumi

Siapa sih yang ga kenal nasi goreng? Pasti dong semua tau. Waktu kecil, menu ini bagiku ga ada yang spesial, karena mama buatnya hanya sekedar menghabiskan sisa nasi kemarin supaya ga mubazir. Jadi tau dong apa yang aku pikirkan saat lihat menu nasi goreng di rumah makan? Ya itu mereka jual nasi sisa ! Whuahahahahaha betapa lugunye dirikuuuuu… kalo inget jaman itu *garukgarukidung*

Ternyata berjodoh dengan pria penyuka nasi goreng, bukan suka atau favorit lagi, wuiiii semua menu ga bakal dilirik kalo udah disajiin nasi goreng hangat fresh from the kompor kenadehlumel, teruus teruus ya apa iya aku masakin nasi goreng dari nasi sisa? ya kadang iya kadang juga nggak, soalnya customernya kadang juga minta menu ini dengan sengaja. Yang bikin aku gerutu kalo lagi makan di luar, dengan santai doi lagi lagi memesan nasi goreng, hiyaaaaaaaaa tepokjidat

Banyak sih perbedaan antara aku dengan ayah soal makanan. Seperti, dulu aku ga suka makan tahu, ga doyan! lebih milih tempe deh daripada tahu, ternyata doi demennya tahu pake mbanget. Sekarang yaaa, otomatis aku suka keduanya. Ada lagi, aku ga terlalu suka makan ayam, akan lebih seneng makan ikan dari pada ayam dan ternyata doi hobby deh makan ayam dibuat menu apa aja, lalu sekarang yaaa ikut menikmati ayam walaupun bukan favorit banget 😉

Ternyata jodoh itu memang saling melengkapi yak dan kesimpulannya membuat meja makan penuh dengan favorit masing masing hahahahaha penting banget ga siiiih. Hayooooo siapa yang juga kaya akuuuu???


Weekend kalau cuaca gak oke untuk keluar, kami memilih anteng di rumah atau jalan jalan sekitaran rumah. Weekend lalu sebelum datang bulan Ramadhan, aku membuat nasi goreng cumi dan sayuran.

Walaupun yang namanya masak itu hanya ukuran kira kira, kali ini akan aku coba susun rapih dan tuliskan, jadi kalo buat lagi, tinggal buka saja link nya.

Berikut resep yang aku gunakan yaaa…..

Nasi Goreng Cumi
(more…)

Pancake Dulce de Leche

Salah satu snack favorit kakak. sebentar sebentar requestnya pancake, pancake dan pancake… Sering membuat pancake macam macam, dari pancake manis sampe savoury pancake yang ternyata ga kalah enaknya juga. Sayangnya ga terlalu sering juga motretnya, males pabalataknya dan keburu abis juga dicomotin anak anak, hehehehe…. […]

Sportfest in der Schule (Festival Olah Raga Sekolah)

Sportfest in der Schule (Festival Olah Raga Sekolah)

Awal Sommer lalu, sekitar 5 hari sebelum Ramadhan, sekolah kakak Afiqah mengadakan Sportfest atau festival olahraga di Sportplatz Käfertal (seperti classmeeting di tanah air). Kegiatan ini merupakan salah satu rangkaian agenda sekolah yang dilakukan di luar lingkungan sekolah saat musim panas tiba. Dan kali ini […]

Salad Thai Seafood

Masih ketagihan dengan Salad Thai sebelumnya yang aku buat dengan prawn, kali ini aku buat lagi menggunakan cumi dan kerang, stok yang ada di kulkas. Salad yang satu ini seger seger pedes dan aku suka banget. Sepertinya tipe makanan thailand memang pedes pedes seger gitu ya, satu selera deh dengan kita orang Indonesia.

Membuatnya juga simpel dan ga perlu waktu berlama lama untuk masak, yaa seperti salad pada umumnya 😉


Salad Thai Seafood
(more…)

Pastel Lapis isi sayuran

Pastel Lapis isi sayuran

Pastel lagi lagii dan lagiii…. Savoury snack ini sering banget aku buat dan bawa kalo harus bawa potluck. Mungkin yang dibawain bosen kali yak, soalnya bawanya ini mlulu. Yaaa habis gimane dong, kalo bawa kue tradisional kan musti fresh ga bisa simpan di freezer, jadi […]

Mie Celor Palembang

Bismillahirrahmanirrahim… Sudah menyiapkan menu berbuka? Disini waktu berbuka masih 10 jam lagi, jadi aku masih santai santai aja belum ke dapur 😀 Soalnya kalo urusan menu berbuka disiapkan terlalu dini, bakal harus manasin dan anget angetin lagi (red:malas). Kali ini aku posting masakan palembang yang […]

Kolak Biji Salak dari Kentang

Bismillahirrahmanirrahiim…
Alhamdulillah sudah hari ke 9 puasa Ramadhan, terasa cepat sekali kah?  nggak juga hihihihi *mungkin karena efek 19 jam puasa disini ya*

Puasa ke 2 Ramadhan lalu, aku niatkan buat takjil. Biasanya ga pernah, karena begitu buka puasa biasanya kita makan buah lalu shalat Magrib baru kemudian makan menu utama. Waktu buka puasa yang cukup malam membuat jatah waktu menikmati makanan hanya sedikit, karena kita pun harus segera tidur supaya aktifitas esok hari tetap segar, walaupun mengantuk juga sih 🙄

Kolak biji salak kali ini aku menggunakan kentag sebagai pengganti ubi, karena saat itu ubi di supermarket kok ya kosong terus, jadilah nyobain pake kentang 😉 Sebelumnya pernah membuat kolak ini menggunakan ubi merah, sekitar 3 tahun yang lalu.

Kolak Biji Salak

Ingredients:
Biji Salak
350 gram kentang, kupas potong potong dan rebus, angkat, haluskan panas panas
7 sdm munjung tepung sagu, aku menggunakan Kartoffelmehl
5 sdm gula pasir
1/2  sdt garam

1 liter air untuk merebus
(more…)

Pempek Ikan ala Jerman

Siapa yang kangen sama pempek? *tunjuk tangan tinggi tinggiiii* Masakan khas palembang dengan cita rasa ikan empuk dan kenyal. Ketiadaan daging ikan tenggiri segar disini, sepertinya ga mnyurutkan keinginan membuat pempek sendiri. 😉 *** Sudah berkali kali membuat pempek dari berbagai jenis ikan disini, sampe […]


error: Content is protected !!