Asinan Buah

Asinan Buah

Postingan ini telat pake mbangeeet, buatnya aja sommer tahun lalu dan sekarang sudah masuk spring tahun berikutnya. Maafkaaaan…. maklum ibu rumah tangga, job desk nya ga jelas ga runut, sak mua muanya dikerjain, keren kan? *gabutuhcibiranbuatiburumahtangga* 😀

Saat panas matahari terik, pastinya kan ingin yang segeeer segeer apalagi kalo manis asem seger dan sehat. Buah bisa pakai apa saja menyesuaikan apa yang ada dan gunakan buah yang tidak lunak seperti pisang. Kalau di Indonesia seneng banget deh aku buat asinan pake kedondong, jambu air, bengkuang, mangga rujak, nanas *haduuuh haduuuh rek jadi kangen mangga rujak*. Berhubung waktu sommer berlimpah ruah buah, jadilah dibuat asinan, kalau begini kan jadi cepet abisnya, doyan !!


Resepnya aku pakai acuan Asinan Gelora Mika Malika, ini asinan hits banget deh, udah coba berkali kali. Hanya cabenya saja yang disesuaikan dengan cabe disini 🙂

Berikut resepnya yaaa….

Buah Asinan

ASINAN BUAH

Bahan
3 sdm cabe merah kering (kalo ada cabe segar pakai yang segar aja, buang bijinya), diblender  dengan 250ml air, sisihkan
100gr gula pasir
2 bh lemon
1 sdt garam
1 kg nektarine, potong potong
Ketimun, potong potong
Mangga pilih yang keras, potong potong
Kacang secukupnya untuk taburan

Cara Membuat
1. Blender cabe dengan 250 ml air, masukkan gula pasir, garam, panaskan hingga mendidih, angkat biarkan sesaat agar uap panas hilang
2. Masukkan buah buahan, aduk rata, peras jeruk lemon langsung dari jeruknya, Simpan dalam kulkas hingga dingin
3. Sajikan dengan taburan kacang

catatan dari mba Mika: sebaiknya lemon atau jeruk nipis diperas langsung bukan diperas disisihkan di mangkok, biar lebih seger rasanya. Air yang digunakan tidak banyak, karena saat buah buahan masuk dan didiamkan akan mengeluarkan air. Penambahan air akan membuat kuah asinan menjadi lebih encer atau tidak kental.

Selamat Mencoba ^__^
Dijamin deh ketagihan 😀

Asinan Buah

Save

Save



0 thoughts on “Asinan Buah”

Leave a Reply


error: Content is protected !!