Pempek tanpa Ikan

Pempek tanpa Ikan
Dua hari lalu jadwal Afiqah ke dokter gigi, gigi susu bagian depannya harus dicabut karena gigi barunya tumbuh tapi si gigi susu tidak tanggal dengan sendirinya, jadinya rebutan tempat. Alhamdulillah disini dokter gigi anak ga horor dan tempat pemeriksaan juga ga kaya kursi panas, tapi tiduran dan ada film yang diputar, jadi bisa nonton. Saat cabut gigi pun aku juga di dalam nemenin dan lihat sendiri, tindakannya cepet dan alatnya bisa kubilang canggih dan ga menggunakan suntikan biasa. Klinik dokter gigi satu lantai ini cukup besar, ada banyak kamar tindakan, ronsen dan dilengkapi ruang tunggu dengan fasilitas main anak yang bisa kubilang cukup besar. Dan satu lagi, kontrol dokter untuk satu pasien bisa loh sampai satu jam bahkan aku pernah 1 jam usai, 15 menit beikutnya konsultasi lagi sekitar 30 menit. Jadi pasien benar benar puas dengan hasil diskusi. Beginilah harusnya waktu konsultasi pasien ^__^
Usai dicabut gigi alhamdulillah kakak ga pusing dsb bahkan kami sempat mampir toko buku, baca baca dan membeli beberapa item keperluan sekolahnya. Pulang dari dokter dia minta pempek, langsung deh aku buatkan, berhubung lagi males menggiling ikan (padahal aku sudah thawing ikan beku di kulkas), aku buatkan pempek tanpa ikan atau pempek dos tapi ga dos. Dulu pernah nyobain resep pempek tanpa ikan tapi jadinya malah seperti cireng ga seperti pempek. Aku sudah klop banget dengan resep ini, sudah tidak perlu aku otak atik sudah cocok banget. Biasanya yang aku ubah air kaldunya, tergantung seadanya di dapur, bisa kaldu ayam, daging, udang atau ikan. Dan tepung sagu, aku gantikan dengan Kartoffelmehl, memang tidak sekenyal sagu tani, tapi setelah mencoba sagu di Asiamarkt hasilnya tidak jauh beda dengan Kartoffelmehl. Tapi hasilnya jika dibandingkan dengan sagu tani di Indonesia, lebih kenyal menggunakan sagu tani asal Indonesia.

Berikut resepnya yaa…. aku menggunakan resep yang disharing ummu Fatima yang didapat dari blognya mba endang Just try n taste.
Pempek Tanpa Ikan
Pempek tanpa ikan
Bahan:
250 ml kaldu ayam, daging, udang atau Ikan
2 sendok teh garam
1/2 sdt gula pasir
sejumput ketumbar
5 siung bawang putih halus
125 gram tepung terigu/ Weizenmehl 405
2 butir telur, kocok lepas
250-300 gram tepung tapioka/tepung sagu/tepung kanji/tepung kentang (hentikan penambahan sagu jika dirasa adonan sudah cukup bisa dibentuk)Isi:
4 butir telur, kocok lepasCara Membuat
1. Rebus air kaldu, masukkan garam, bawang putih halus, gula, ketumbar, rebus hingga mendidih, kecilkan api
2. Masukkan terigu, aduk cepat dengan api kecil aduk hingga adonan mengental, matikan api
3. Campurkan telur, aduk rata atau bisa gunakan food processor
4. Pindahkan ke wadah lebih besar dan masukkan sagu sedikit demi sedikit uleni hingga adonan tidak lengket dan mudah dibentuk. Disinilah erbedaan adonan pempek ikan dan tanpa ikan. Kalau tanpa ikan menguleni dengan tangan pun tidak masalah, adonan tidak mengeras, tapi kalau pempek ikan, jangan sekali sekali menggunakan langsung dengan tangan kecuali saat membentuk dan tidak perlu ditekan tekan dengan kuat.
5. Siapkan telor kocok lepas di wadah kecil
6. Didihkan air secukupnya dalam panci hingga mendidih
7. Bentuk adonan dan isi dengan telur, masukkan ke dalam air mendidih, rebus hingga mengambang tandanya matang. Tiriskan lalu goreng dengan minyak panas
Cara membentuk pempek telur, ambil secukupnya adonan, bentuk bulat panjang tang tebal lalu lubangi tengahnya hingga memanjang ke bawah, bukan menyamping, bentuk hingga menjadi sumur lalu rekatkan bagian mulut atas sebagian, kucuri telor kocok secukupnya lalu rekatkan sebagian lain nya, hati hati jangan sampai telur keluar. Pempek telur yang sudah dibentuk langsung dimasukkan ke air mendidih dan jangan disisihkan karena rentan rusak dan telur meleber keluar.
8. Siap disajikan dengan cuka dan timun atau jika ada bisa ditambahkan mie kuning

Pempek tanpa Ikan

Cuka Pempek

200 gram gula merah
100 gram gula pasir
500 ml air
3 sendok makan cuka/ air asam jawa/ Essig
2 sdm kecap manis, aku tambahkan karena gula merah di Jerman tidak sehitam di Indonesia.

Bumbu halus
8 siung bawang putih
10 cabai rawit merah
1/2 sendok makan garam
ebi, jika ada

Cara Membuat
1. Rebus air, masukkan bumbu halus hingga mendidih, tambahkan gula merah, kecap, gula pasir dan cuka
2. Cicip rasa
3. Jika ingin kental tambahkan 1 sdm maizena yang dilarutkan dengan 3 sdm air, masukkan lalu aduk hingga cuko mendidih dan mengental
4. Siap disajikan

Pempek Tanpa Ikan
Selamat Mencoba ^__^


0 thoughts on “Pempek tanpa Ikan”

Leave a Reply


error: Content is protected !!