Bubur Ayam Bumbu Kuning

Bubur Ayam
Kemarin anak anak request bubur ayam. Mungkin karena diluar dingin juga ya, bubur ayam anget kan enak banget. Jadilah setelah kakak dan ayah berangkat sekolah aku uprek uprek sebentar di dapur. Ga ribet kok cuma cemplang cemplung saja. Sebenarnya, aku ga terlalu suka bubur. Dulu saat kecil jarang banget sarapan pagi dengan bubur. Kadang kadang papa ngajakin juga hari minggu ke Gorr Saburai Bandar Lampung buat menikmati bubur yang emang enak dan antriannya masya Allah paaanjaaaaang…

Ahhh jadi kangen papa, andah beliau masih ada betapa senangnya melihat anaknya bisa buat bubur yang enaknya pake banget dan cucu cucunya yang lucu dan saleh salehah inshaaAllah. Dulu tuh papa kalau ngajakin aku ke Gor Saburai buat lihat yang pada main Baseball atau in line skate. Tujuannya supaya aku ada minat untuk melakukan sport. *alfatihah buat papa*

Saat jemput pulang sekolah, ada pemandangan yang menarik buat anak anak. Walaupun cuma urusan memperbaiki genteng rumah. Hanya saja perbaikan ini di lantai 2 jadinya membutuhkan bantuan alat seperti gambar dibawah ini. Kadang juga anak anak heboh ngeliatin mobil pemotong ranting ranting di sepanjang jalan, karena bagi mereka mirip dengan mainannya sewaktu di Indonesia. Maklum, disini musim dingin sudah mau habis yang berarti akan datang musim semi.

Oke balik lagi ke bubur. Sedari di Lampung dulu, kuah bubur emang bumbu kuning tapi bubur ketemu cakue baru aku temukan saat kuliah dulu di Bogor. Beragam memang macam macam bubur ini. Dari bubur putih tanpa kaldu seperti bubur ayam bandung, bubur kuah kaldu kecap, bubur kuah kaldu bumbu kuning dan mungkin masih banyak lagi.

Roasted Onion

Kali ini aku membuat bubur ayam kuning, cakuenya kubuat malam sebelumnya. Jadi lengkap deh. Sayangnya saat menyajikan aku lupa sudah menyisihkan kacang kedelai yang sudah digoreng. Ya ya apa daya namanya juga lupa mau gimana lagi.

Bubur Ayam

Berikut resepnya yaaa

Bubur Ayam Bumbu Kuning

Bubur
200 gram Beras putih, cuci bersih, tiriskan
3 siung Bawang putih, haluskan
30 ml Santan kental/ susu cair
1 sdt Garam
3 liter Air, untuk memasak bubur
2 lembar daun salam
————————  Masak beras dengan air, masukkan garam dan daun salam. Setelah beras hampir selesai menjadi bubur, masukkan santan kental atau susu cair, masak hingga matang, matikan api

Kaldu Ayam Bumbu Kuning
5 butir Telor direbus, tiriskan
500 gram Ayam atau 1/2 ekor, cuci bersih
2 liter Air
1 batang serai, memarkan

Bumbu halus:
4 siung Bawang putih
6 siung bawang merah
2 cm Kunyit/ 1 sdt kunyit bubuk
1/2 sdt Ketumbar bubuk
1/4 sdt Pala bubuk
1/4 sdt Lada bubuk
sedikit minyak untuk menumis
——————————– Tumis bumbu halus dengan sedikit minyak, masukkan batang serai dan air, masukkan ayam dan telur, masak hingga ayam matang dan menjadi kaldu. Cicip rasa dan sisihkan

Pelengkap
Kacang kdelai, cuci bersih dan goreng, tiriskan — aku lupa saat menyajikan
Cakue, potong potong, resep cakue aku share disini yaaa
Daun bawang seledri, potong halus — aku skip karena ga ada
Bawang Goreng

Cara Membuat :
1. Siapkan mangkuk berisi bubur, tuangkan 3-5 sdm kuah kaldu kuning, beri suwiran ayam dan 1/2 telor, cakue, bawang goreng
2. Sajikan

Selamat Mencoba ^__^

Bubur Ayam



0 thoughts on “Bubur Ayam Bumbu Kuning”

Leave a Reply


error: Content is protected !!