Tempe Mendoan

Tempe Mendoan
Tempe Mendoan

Setelah di Jerman, ketemu tempe berasa ketemu berlian. Lebay memang, tapi itulah kenyataannya. Awalnya aku dapat membeli tempe hanya di toko Asia di dekat Hauptbahnhof, bahkan harus menunggu 1 minggu, karena persediannya yang terbatas. Tapi semenjak ada Asiamarkt baru di dekat Klinikum Mannheim, tokonya yang rapih, bersih dan cukup luas juga lengkap, jadi mudah melihat lihat bahan makanan Asia. Harganya alhamdulillah lebih murah dibanding Asiamarkt yang ada di dekat Hauptbahnhof Mannheim (Stasiun Kereta Mannheim). Nama Tokonya Asia Land Supermarket, alamatnya di Berliner Straße 22, 68161 Mannheim. Bisa lihat di peta disini. Harga terakhir aku beli tempeh per packung sekitar 1,6 eur. Murah kan?

Asiamarkt Mannheim

Mau sharing resep tempe mendoan kok kayanya bagaimana gitu ya, sambil merem juga istilahnya jadi, ini kan mudah. Tapi ya tetep lebih baik ditulis. Kadang teman di Jerman suka nanya, apa itu tempe? masaknya diapain? makanan khasnya giman? Nah daripada aku menghadapi pertanyaan yang sama soal si tempe lebih baik ditulis disini saja ya. Inginnya sih menulis dalam Bahasa Jerman, tapi apa daya kecepatan aku menulis dalam bahasa Jerman masih sangat lambat. Lain waktu, harus dicoba memang, biar terbiasa menjadi bisa.

Bahan utamanya sebenarnya tempe, tepung dan daun bawang. Beberapa kali aku mencoba menggunakan tepung disini, cenderung lembek lembab, begitu juga kalaumembuat kulit risoles, ahhh lembek banget! Makanya di adonan ini aku tambahkan sedikit Feinestaerke atau tepung Maizena, supaya lebih kriuk.

Membuat Tempe Mendoan

Tempe Mendoan

Bahan
1 pak Tempe , sekitar 300 gram, iris tipis lebar
1 ikat Daun bawang, rajang halus
300 gram Tepung terigu
30 gram Tepung Maizena
2 sdt Garam
1 sdt Gula pasir
2 sdt ketumbar bubuk
4 siung bawang putih, haluskan
500 ml air atau bisa juga lebih sedikit
500 ml minyak, untuk menggoreng secara depp fry

Cara Membuat
1. Dalam wadah bersih, campurkan tepung terigu dan tapung maizena, lalu masukkan garam, gula, bawang putih, ketumbar dan daun bawang
2. Masukkan air sedikit demi sedikit, hingga memperoleh adonan yang kental, aduk rata menggunakan sendok
3. Panaskan minyak dengan api sedang
4. Masukkan tempe satu persatu ke dalam adonan terigu lalu masukkan ke minyak panas, masak hingga matang, lakukan sampai habis
5. Sajikan selagi hangat

Selamat Mencoba ^__^

Tempe Mendoan


0 thoughts on “Tempe Mendoan”

Leave a Reply


error: Content is protected !!