High Protein Bread, Low Carbo Bread

High Protein Bread

Beberapa waktu lalu membuat beberapa kali Bika Ambon, yang sudah kutulis disini dan disini. Hasilnya menyisakan putih telur yang bisa kubilang cukup banyak. Aku mencoba membuat roti berprotein tinggi atau rendah karbohidrat. Bahan utamanya memang putih telur dan biji bijian. Sudah lama sebenarnya ingin mencoba membuat roti ini, namun belum kesampaian karena belum ada stok putih telur yang menganggur di kulkas. Roti jenis ini aku baru tau disini, berawal daro roti yang kubeli seperti berasa tahu dan ternyata mengandung tepung soya atau tepung kedelai, lalu mencoba Low Carbo Bread yang sama sekali tidak mengandung tepung kedelai, rasanya nyaaam sama enaknya !

Beratnya roti ini akibat kandungan biji bijiannya yang lumayan banyak, selain kenyang tentunya sehat bahkan tanpa karbohidrat. Jadi yang bilang “sering makan roti bikin gemuk”, ga sepenuhnya benar, hehehehe… Kebayang dong makanan pokok orang Jerman kan roti, berarti disini gemuk semua dong ๐Ÿ˜‰ dan realitanya nggak tuh ๐Ÿ™‚
Roti memang bener bener praktis, makannya ringkes, menyajikannya cepat dan enak pake banget. Cuma kalau 3 harian aku makan roti terus, waah ketemu nasi anget tuh berasa surgaaaa hahahaha….

Roti ini dimakan dengan mengoleskan butter atau plain saja juga oke, untuk temen ngeteh atau ngopi. Sayangnya kami ga terlalu suka teh atau kopi dan prefer air mineral saja.

Berikut resepnya, aku baca baca dari blognya Angie dan aku tambahkan jumlah biji bijiannya. Hasilnya benar benar padat deh ๐Ÿ™‚

High Protein Bread/ Low Carbo Bread

Bahan:
100 gram bubuk almond atau bisa dganti almond slice
100 gram flaxseed
4 sdm kulit gandum kasar—- aku skip
2 sdm tepung gandum
1 sdm baking Powder
1 sdt garam
300 gram Quark Cheese (jenis quark cheese ini bisa diganti dengan ricotta)
8 putih telur
50 gram sdm biji labu
50 gram biji bunga matahari
2sdm poppy seed

Low Carbo Bread

ย Cara membuat:
1. Aduk semua bahan kering (tepung, biji bijian, garam, Baking powder, bubuk almond, gandum) sisihkan
2. Campurkan Quark cheese dengan putih telur aduk rata dengan whisker
3. Campurkan adonan cheese ke adonan tepung, aduk sesekali dan jangan terlalu banyak mengaduk
4. Panggang di oven suhu 180 menit sekitar 50-60 menit, matikan dan sajikan

Aku menggunakan loyang silikon baru yang ternyata bagian samping dari roti ini tampak tidak terlalu coklat tapi sudah matang, lain waktu sepertinya perlu menambahkan waktu memanggang jika menggunakan loyang silikon ini. Penggunaan poppy seed lebih baik dihindari, karena biji bijian ini jika terkena air akan mengembang.

Selamat Mencoba ^__^

High Protein Bread



Leave a Reply


error: Content is protected !!