Bika Ambon Pandan

Bika Ambon Pandan
Bulan November tahun lalu, aku posting Bika Ambon pandan di fb, pada minta resepnya dan aku lupa ditulis di blog sesuai janji :(( hiks hiks, soalnya setelahnya ada urusan sekolah mendadak  pemindahan kakak ke sekolah baru dan NAIK KELAS, jadilah konsesntrasi hanya kesana, soalnya kakak juga mengikuti Hort atau daycare setelah sekolah usai jadi aku harus urus pemberhentian disini dan daftar disana itu juga kalau dapat tempat, maklum sekolah tahun ajaran baru 3 bulan berjalan dan kakak satu satunya yang pindah sekolah dinaikin ke kelas 1. Karena kalau ga diurus cepat bisa bisa dapet tagihan seperti sebelumnya, aku daftar sekolah di A, sama pemerintah dipindah ke B, kelas persiapan bahasa Jerman. Alhasil dapet tagihan daycare di sekolah A yang jumlahnya bikin sesak dada, 300 eur ! Tapi Alhamdulillah urusan tagihan ini bisa selesai tanpa membayar sepeser pun karena aku mengirim surat beserta bukti tertulis yang menguatkan argumenku.Disini asal bisa mengajukan sesuatu yang sekiranya kita benar dan ada bukti tertulis ya lancar saja. Senengnya di Jerman semua apa apa lewat surat ga musti datang apalagi pake emosi. Bahkan kalo kita bayar sesuatu yang ternyata kelebihan dengan tagihan, maka akan dikembalikan langsung ke account bank kita, hehehehe jujur yak.

 Haduh ngalur ngidul kemana mana, balik lagi ke Bika Ambon yuk!
Snack tradisional ini asalnya dari Medan padahal namanya Bika AMBON! Aneh? emang !
Membuatnya butuh tips dan agak tricky di pemanggangan karena kalo nggak diperhatikan bisa ga keluar sarangnya, sebenarnya ga ribet justru mudah karena ga perlu berurusan sama adonan kental dan ga boleh turun. Adonan Bika Ambon cenderung cair tapi hasilnya cantiiiik bersarang ^__^


Dalam pemanggangan diusahakan oven dalam terbuka tidak ada bagian yang menghalangi aliran panas keluar dan justru inilah yang membuatnya bisa bersarang. Yuk ahh diintip resepnya, aku menggunakan resep yang di share DianaCahya, fermentasinya cukup 3 jam dan hasil buatanku yang pertama menggunakan resep ini berhasil :)Bika Ambon selain ciri khasnya bersarang juga wangi rempah daun jeruk dan sereh, tapi karena ga ada semua aku skip, ternyata ada juga jenis snack tradisional seperti Bika Ambon tapi tidak menggunakan rempah, seperti kata mba Yessi K Sofyan, namanya bolu suri. Lain kali boleh deh dicoba si Bolu Suri 🙂

Bika Ambon Pandan
by Diana Cahya modifikasi Mellyloveskitchen
Bahan A
1 sdm Gula Pasir
1 sdm Tepung Terigu Protein Sedang/ Weizehnmehl 405/ Tepung terigu serbaguna
6 sdm Air Putih (45 ml)
4 gram Ragi Instant
Bahan B
8 butir Kuning Telur
150 gram Gula Pasir
Bahan C
100 gram Tepung Sagu Tani/ aku menggantinya dengan tepung kentang Kartoffelmehl
Bahan D
130 gram Santan Kental/ aku menggunakan santan kental kemasan
20 gram air daun pandan/ daun suji
5 lembar Daun Jeruk/ aku skip
1 batang Sereh, memarkan/ aku skip
2 gram Garam
6 tetes pasta pandan
Cara Membuat:

Step by step Bika Ambon
  1. Siapkan santan, air daun pandan, garam dan pasta pandan, campur dan sisihkan. Bagi yang menggunakan santan kental segar bisa merebusnya sebentar hingga agak mendidih, matikan dan sisihkan hingga dingin. Pada dasarnya ciri khas Bika Ambon ada di daun jeruk dan sereh ini, karena aku ga ada stok jadi aku skip. Kalo ada digunakan saja ya.
  2. Siapkan Bahan A, untuk biang ragi. Siapkan 15 menit sebelum adonan bika ambon akan dikerjakan.
  3. Siapkan Bahan B, aduk dengan kocokan manual (whisk) hingga gula larut/ sedikit larut. Saat aku membuat tidak sepenuhnya larut karena butuh waktu lama juga.
  4. Masukkan Bahan A ke B, aduk rata lalu  secara selang seling Bahan C dan D, aduk dengan kocokan hingga rata.
  5. Diamkan adonan dalam suhu ruangan selama 3 jam. Saat aku membuat adonan sama sekali tidak mengeluarkan buih seperti gambar resep diana cahya. Bisa jadi karena kondisi suhu ruang di Jerman berbeda dengan di Indonesia. Tapi hasilnya tetap oke.
  6. Panaskan snack maker diatas kompor dengan api sedang hingga benar benar panas
  7. Saat cetakan benar benar panas, tuang adonan sampai 1/2 wadah, adonan ini akan naik. Tunggu hingga adonan berlubang lubang, lalu tutup cetakan dan kecilkan api.Biarkan hingga Bika Ambon matang dengan melihat bagian atas tidak lembek lagi.  Snack maker yang aku gunakan kalau ditutup akan berembun dan basah banget, jadi inisiatif bika ambonnya kubalik sebentar saja, agar atasnya ga lengket lalu angkat.
  8. Ambil Bika Ambon dari cetakan menggunakan tusuk gigi dan sajikan
Note:
Jika Resep yang digunakan sudah benar, pas dan sama. Perhatikan dalam PEMANGGANGAN, sebelum dituang ke snack maker, harus dipastikan snack maker dalam keadaan panas, karena jika kurang panas, adonan tidak akan berserat. Jika ingin menggunakan loyang loaf, panaskan loyang yang sudah dialasi kertas dalam oven pada suhu tinggi selama 10 menit lalu keluarkan dan masukkan adonan yang sudah diaduk terlebih dahulu, ini bertujuan agar adonan tidak mengendap dibagian dasar, masukkan dalam oven dengan suhu 180C dan biarkan pintu oven terbuka sedikit agar aliran udara panas mengalir keluar, setelah semua permukaan bergelembung, tutup oven dan kecilkan suhu 170C, tunggu hingga matang.
Bika Ambon Pandan


0 thoughts on “Bika Ambon Pandan”

Leave a Reply


error: Content is protected !!