Apple Pie

Apple Pie
Beberapa kali buat apple pie tapi ga pernah nyatet pake resep yang mana, buatnya juga udah lama, alhasil lupa deh sama resep. Browsing sebentar lihat resep dan kali ini mesti nyoba resep baru, ditulis dan catatan mengenai resep yang digunakan, biar ga lupa lagi dan hilang lagi -__-“
Kali ini Pie Apple yang kubuat crustnya mengambil resep dari ricke yang aku sesuaikan dan isiannya, dikira kira sendiri 🙂 sambil ngabisi granny smith, yang pada mulai bosen sarapan pake buah ini 😀
Bahan crust :
300 gram margarin/butter
2 sdm gula halus (munjung)
500 gram tepung terigu protein sedang/all purpose flour
1 kuning telur, resep asli 3 kuning telur, karena adonan tampak lebih lembek dari yang aku perkirakan.
Cara membuat crust:
Campur semua bahan menjadi satu menggunakan pisau pastry atau garpu, hingga adonan tidak lengket di wadah dan menggumpal, sisihkan di kulkas selama 30 menit-1 jam, keluarkan kemudian digilas dan dibentuk sesuai kebutuhan ukuran loyang.

Bahan Isian:
6 buah granny smith/ 1 kg apel jenis granny smith, atau bisa menggunakan apel malang yang jenisnya renyah kriuk dan rasa asam manis.
1  sdt bubuk kayu manis peres
2 sdm kismis, rendam air hangat
sejumput garam
75 gram gula pasir
25 gram palm suiker atau brau zucker (jerman) atau gula merah iris tipis
30 gram Butter, untuk dimasukkan saat memasak apel
30 gram butter, dinginkan potong kotak
1 sdm maizena
1/2  bh lemon/ jeruk nipis, peras ambil airnya
cara membuat isian:
Kupas apel dan belah tidak terlalu tipis dan tidak terlalu tebal
Campurkan gula pasir, palm suiker, sejumput garam dan air lemon, biarkan dikulkas selama 30 menit, agar juice apel keluar dan gula meresap.
Masukkan maizena kemudian panaskan dengan api kecil, ketika mengental dan apel mulai lunak, matikan dan campurkan butter ke dalamnya hingga meleleh.
Penyelesaian:
Cetak crust pada loyang, tata isian apel, lapisan pertama, kemudian masukkan potongan butter yang sudah dipotong, kemudian isi lagi sebagian isi hingga penuh, lalu tutup dengan crust, bisa dibentuk anyaman atau bentuk lainnya bisa dilihat disini.
Surprise banget saat menyajikan ini ternyata ayah sukaaaaaa ! dan aku suka buat ! aaaa pasangan serasi kita *ehem*, kalo aku mending milih tahu isi atau batagor deh hahahahaha *lidah asli indonesia*
catatan :
Resep crust yang aku gunakan ternyata terlalu lembek, sebaiknya next time dikurangi jumlah margarin/ butter nya menjadi 200-250 gram.
Resep ini menggunakan takaran gula yang sudah sangat aku kurangi, jadi yang berselera manis silahkan ditambahkan ya 🙂
Salam Pie!

 



Leave a Reply


error: Content is protected !!