Bakso Ikan

Bakso Ikan

Membuat bakso, menyenangkan, rasanya seperti di Indonesia, bahan bumbu yang diperlukan ga ribet karena ga butuh rempah komplit dan yang jelas anak anak suka ^_^. Resep bakso yang aku gunakan sama seperti bakso ayam, yang pernah kubuat, resep dasarnya ya itu itu saja hanya bahan utama yang diganti dan tehniknya disesuaikan.

Bakso Ikan ini udah ke 3x nya aku buat, PERTAMA, menggunakan seelachsfillet, hasilnya schlecht-jelek, si seelachsfillet ga mau nyatu dengan tepung, berair banget dan tekstur daging ikannya kasar. Tapi namanya juga baru tinggal di tempat baru, mencoba ya ga adaa salahnya, i am still learner ^^, adonan berakhir jadi somay cocol sambel kacang dan yummiiii. KEDUA, menggunakan Pangsiusfillet, hasilnya oke banget, tapi ga kenyal, kenapa?? air yang digunakan untuk mencetak bakso setelah di bentuk tidak terlalu dingin, karena ngandelin air keran dingin yang sudah kuanggap dingin, soalnya saat itu ga ada persiapan es batu di freezer, tapi rasa ikannya nendang, berasa makan ikan yang dipulung pulung hihihi. KETIGA, yaaa kali ini hasilnya oke dan kenyal. Kucatat resepnya disini yaaa…

Bahan:
500 gr Daging Ikan Fillet Pangasiusfillet (di Indonesia bisa dengan ikan tenggiri fillet)
4-8 balok kecil es batu
2 sdm tepung sagu
2 sdt garam
1/2 sdt black pepper — bisa dikurangi jika tidak suka pedas lada
1 butir telur
1/4 sdt soda kue/ baking powder — optional
1 bh bawang bombay, cincang — akan lebih sedap lagi jika menggunakan bawang putih yang digoreng terlebih dahulu, berhubung disini untuk membeli Knoblauch cukup jauh (di spm besar), jadi saya hanya menggunakan bawang bombay saja.
1 bh daun bawang seledri, potong halus — optional, digunakan setelah semua bahan bakso halus dan siap di bulatkan

Siapkan air di panci dan masukkan es batu besar ke dalamnya, tunggu hingga air benar benar sangat dingin.

Pengetahuan dari yang saya baca, penggunaan soda kue/ baking powder  dapat memberikan pori pada bakso dan bisa menyerap bumbu dan bahkan bisa manambah kekenyalan bakso. Pengalaman dari beberapa kali saya membuat, baik menggunakan atau tidak , tidak apa apa tetap menjadi bakso yang enak dan kenyal, asalkan tidak menambahkan air ke dalam adonan.

Cara membuat :
1. Haluskan daging ikan fillet, bawang bombay dan es batu hingga daging ikan benar benar halus (bisa menggunakan Food processor, hand blender atau bahkan blender)
2. Masukkan sagu, garam, telur, black pepper, soda kue/ baking powder, giling kembali hingga tercampur rata dan daging benar benar halus. Halus atau tidaknya tektur daging ini akan mempengaruhi mulus tidaknya hasil akhir bakso, semakin halus tentunya si bakso makin cantik mulus ^^
3. Siapkan air sangat dingin di dalam panci, kemudian lanjutkan dengan membentuk bakso, olesi telapak tangan kiri dengan air dingin lalu genggam adonan dengan tangan kiri dan remas hingga sebagian adonan ikan muncul diantara ibu jari dan telunjuk, basahkan sendok dengan air dingin kemudian ambil adonan yang muncul diantara jari tersebut menggunakan sendok dan celupkan ke dalam panci yang berisi air sangat dingin, adonan bakso akan terbentuk dan lepas dengan sendirinya. Lakukan hingga adonan bakso ikan habis.
4. Masukkan panci berisi bakso ke dalam chiller selama 1/2 jam atau jika benar benar menggunakan air yang sangat dingin, tidak perlu dimasukkan ke dalam chiller, biarkan selama 15 menit, hingga bakso ikan benar benar terbentuk dan adonan bakso tidak mempyar di dalam air (mempyar itu buyar kali ya :P)
5. Siapkan panci lain berisi air dan panaskan hingga mendidih dan matikan, saring bakso di air dingin dan masukkan ke dalam panci air mendidih.
5. Bakso yang sudah mengapung tandanya sudah matang dan siap diolah menjadi bakso ikan kuah, mie bakso ikan, capcay bakso ikan, bakso ikan bakar, atau isian tom yum, ahhhh yummy deh 🙂
6. Selamat mencoba ^^

Hasil akhir : 30 pcs bakso ikan

Next time, aku ingin coba membuat lagi bakso ikan tapi tidak menggunakan air dingin, melainkan langsung di air panas tidak mendidih seperti halnya membuat bakso sapi dan bakso ayam. Practices make perfect ! Und Ich muss auch mehr Übungen Deutsch sprechen !!

Bakso Ikan



0 thoughts on “Bakso Ikan”

  • Halo!

    Kami melihat bahwa Anda memiliki beberapa resep yang lezat di blog Anda.

    Kami ingin memasukkan blog Anda pada pada daftar Top Food Blog di MyTasteIndonesia.com, sebuah jejaring sosial buat Anda yang menyukai masakan dan juga yang pemilik blog seperti Anda. Banyak blog yang telah menjadi anggota dan mendapatkan keuntungan dari publikasi di situs kami.

    Anda dapat menambahkan blog Anda pada daftar Top Food Blog kami dengan mengikuti link ini http://www.mytasteindonesia.com/top_food_blogs

    Mohon untuk membalas email ini agar kami mengetahui bahwa Anda telah menerimanya. Terima kasih atas perhatian dan kerjasamanya. Semoga kami akan melihat blog Anda di daftar Top Food Blog kami.

    Salam,

    MyTasteIndonesia.com

Leave a Reply


error: Content is protected !!