Cheese, Käse

Kali ini mau bahas Keju, beberapa keju yang aku coba beli dan pelajari, walau ketinggalan satu sih foto keju gouda, dah keburu jadi kastengel 😛

Keju

Butterkäse (Buttercheese)
Jenis Keju dengan aroma butter. tekstutnya lembut dan creamy, ada yang berbentuk kotak seperti gambar atau sudah dalam bentuk slice, yang bisa langsunng dimakan atau dijadikan sandwich kemudian dipanaskan hingga meleleh. Keju jenis ini kadang juga digunakan untuk olesan pada roti.

Emmentalerkäse (Emmental Cheese)
merupakan jenis medium-hard cheese yang berasal dari Switzerland. Dalam pembuatannya menggunakan 3 jenis bakteri, yaitu Streptococcus thermophilus, Lactobacillus, and Propionibacterium freudenreichii . Di akhir proses bakteri P. freudenreichii mengkonsumsi asam laktat yang dikeluarkan oleh bakteri lainnyadan menghasilkan karbon dioksida sehingga secara perlahan membentuk gelembung udara. Karena adanya gelembung inilah yang menyebabkan adanya lubang lubang yang merupakan karakteristik si emmental cheese ini. Aaaah menarik ternyata ya!

Quark
Quark adalah jenis fresh dairy product yang dibuat dari susu asam yang dihangatkan. Dalam pembuatannya, tradisional Quark tidak menggunakan rennet. Jenis Quark ada 3 macam, Magerquark dengan 0% fat, Regular Quark dengan 20% fat dan Sahnequark (cream) 40% fat.

 Mozzarella
Pizza sangat identik dengan Keju Mozarella, keju yang berasal dari Itali dan namanya juga berasal dari Italian verb mozzare yang berarti “to cut”. Mozarella umumnya berwarna putih, namun ada juga yang berwarna kekuningan. Mozarella ada beberapa jenis, yakni Mozzarella di Bufala, Mozzarellafior di latte, low-moisture mozzarella, smoked mozzarella. Yang jelas mengaretnya mozarella setelah keluar dari oven panas, selalu bisa menggugah selera makan!

Keju dan Roti



Leave a Reply


error: Content is protected !!