KBB#32 Japanese Roll Cake

KBB32logo


Holaaa….


Sama sekali gak pengen nyobain JRC yang jadi trend di tahun ini, ealaaah tantangan KBB kali ini ternyata JRC, hihihihi…. Mariiii dicobaaa, baca resep ternyata asik euy, bisa ngabisin stok putel yang nangkring di freezer sisa orderan membuat lapis legit. Cihuy kaaan….?


Resepnya bisa dibilang ribetnyeee, karena perlu buat adonan sampe 3 macem, tapi suer deeh, ni adonan ternyata tahan banting banget, soalnya adonan pertama aku buat sambil nungguin gambar motif yang notabene ngabisin waktu ulmayan lama, ternyata si adonan I tetep oke. Baru kali ini juga aku nyobain kue dengan penggunaan air yang cukup banyak di adonan, hasilnya lembuuut…. Makasi mbak R yang sudah share resep dari buku yang dibeli nya ^^


Japanese Roll Cake
Resep Adaptasi Junko Book
Modified By Rachmah Setyawati, modified by Melly


Bahan-bahan :
Adonan I
4 butir kuning telur
40 gr gula pasir
40 cc minyak goreng
60 cc air
80 gr tepung terigu

Adonan II
150 gr putih telur
40 gr gula pasir
15 gr tepung maizena
1/2 sdt garam ——————— resep asli ga pakai
1 sdt air jeruk nipis ——————- resep asli ga pakai

Adonan untuk membuat motif :
40-50 gr putih telur
10 gr gula pasir
5 gr tepung maizena
1/4 sdt garam ——————— resep asli ga pakai
1/2 sdt air jeruk nipis ——————- resep asli ga pakai
Greentea bubuk 1 sdm ——————– untuk 1/3 bagian adonan motif
Paste Coklat 1 sdt ——————– untuk 1/3 bagian adonan motif

1/3 bagian adonan motif sisanya dibiarkan saja tanpa pasta apapun

Filling :
Selai Blue berry dan Strawberry
Cara Membuat :
1. Panaskan oven dengan suhu 170 – 175 derajat celcius.
2. Buat bahan adonan I
kocok kuning telur dan gula pasir hingga mengembang kental. Kocok speed sedang, tambahkan minyak goreng hingga habis, kocok hingga rata, tambahkan air sedikit demi sedikit, kocok rata.
3. Masukkan tepung terigu, sambil tetap dikocok speed sedang, kocok hingga rata dan kental. Sisihkan.
4. Buat adonan MOTIF.
Kocok putih telur, garam, jeruk nipis dan sebagian gula pasir hingga mengembang , tambahkan sedikit lagi hingga habis sisa gula pasirnya, sambil tetap dikocok speed rendah, kocok hingga mulai soft peak. Masukkan tepung maizena ke dalamnya, kocok sebentar hingga tercampur rata kental/soft peak, jangan sampai hardpeak. Matikan mixer.
5. Ambil sebagian adonan I, kira2 4-5sdm, masukkan ke dalam adonan bahan untuk membuat motif, aduk ringan merata. Bagi menjadi 3 bagian, 2 bagian beri pasta, aduk rata. Masukkan ke dalam piping bag, sisihkan.
6. Siapkan 1 bh loyang ukuran 22X22X5cm atau 1 bh ukuran 24X24cm (bila ingin agak tipis cakenya). Poles bagian bawah dan pinggiran loyang tipis saja dengan sedikit butter/margarin (hanya untuk melengketkan kertas roti saja).
Lalu tutupi/beri alas kertas roti pd bagian dasar dan pinggiran loyang, tidak usah dipoles mentega/margarin lagi. Buat motif yg diinginkan di alas loyang yang telah dialasi kertas roti.
Setelah rapi dan selesai semua motif, panggang motif selama 1 menit atau bisa juga masukkan dalam frezer kira kira 2-3 menit. Keluarkan dan sisihkan. ———– aku membuat 2 roll dengan cara motif dipanggang dan  di freezer, hasilnya tidak ada yang terkelupas. Usahakan membuat motif nya yang tebal yaaa, jangan terlalu tipis.
7. Buat adonan II
Kocok putih telur + sebagian gula pasir + garam + jeruk nipis,
hingga mengembang, tambahkan sisa gula pasir, kocok lagi hingga soft peak. Masukkan tepung maizena, kocok rata.
8. Ambil sebagian adonan putih telur (adonan II), masukkan ke dlm adonan I, aduk ringan merata. Tambahkan sisa semua adonan II, aduk ringan merata.
9. Ambil loyang yg telah diberi motif, tuangkan adonan cake di atasnya. Ratakan, hentakkan pelan bbrp kali loyang adonan untuk meratakan adonan hingga ke dasarnya.
10. Panggang dengan suhu sekitar 170-175 derajat celcius kurang lebih 15-20 menit/hingga matang kecoklatan permukaannya.
11. Setelah matang, keluarkan cake dari loyang, lepas kertas roti hati-hati, biarkan hingga dingin/uap panas hilang.
12. Saat cake sudah dingin. Poles bagian permukaan atas cake (bagian yg kecoklatan) dengan bahan filling agak tebal , lalu gulung rapi , bungkus rapat dgn kertas roti penggulungnya. Simpan sejenak di lemari es hingga set/keras.

13. Siap disajikan.

Viel Spaß jaaaa  🙂

mau liat hasil temen temen yang lain, bisa diintip round up KBB yeee, cihuy pokoknya…ribet tapi asli deh nantangin dan puas dengan hasilnya, lembuuut :)), tapi sayangnya juragan yang hobi makan kue gak ada … 🙁

Japanese Roll Cake






Leave a Reply


error: Content is protected !!