Lontong Opor Ayam ; all homemade looohhh :P

Yuhuuuuu  gong lontong week dah ama dipukul tapi eyke tetep anteng aja….. 😛 maklum lagi double profesi, IRT plus ART, wakakakakaka #curhat
Seliweran banyak foto lontong n tupat dan sejenisnya di saat bukan lebaran memang bikin kangen suasana saat itu…. Cuma satu kata “nikmeeeehhh” kekekekeke……
Mmmmm lontong week kali ini bener 2 menantang diri “Bisa ga si, saya sebagai orang pribumi Indonesia buat lontong?” Kalo saya ga bisa, gimana anak anak bisa? Siapa lg yang bakal nerusin ilmu ini, jiaaahhhh #lebaaayy….. Eits, bener loooohh iki… nek tinggal jauh2 ning negara londo sana ra bisa memperkenalkan budaya dan masakan tradisional sendiri, susyeehh loooohh…. Biar kata demennya spaghetti, tp kan ko tinggal di londo sana, mereka taunye spaghetti dari Italy, bukan dari Indonesia gtuuu looohh….
Lontong ini dibuat 4 selongsong doank, maklum di rumah hanya ber3 saja, dan selama 3 jam itulah saya memasak dengan api kecil (gak pake pressure cooker yak), api dikecilkan saja setelah mendidih. Dari 4 selongsong yang jadi 3 doank, yang satu pecah alias buyaaarr isinye, perlu trik ternyata….
Aku share step en catatan penting untuk dicoba di batch berikutnya yaaaa:
Lontong Opor Ayam Melly
LONTONG DAUN PISANG
Bahan:
1.       Daun Pisang secukupnya, pilih yang lebar lebar dan besar, lunakkan dengan dijemur atau dipanaskan di atas api kompor, harus sampai lunak dan lentur ya agar tidak cepat robek saat nasi mekar.
2.       Biting/ lidi yang ditajamkan di kedua sisi atau bisa menggunakan tusuk gigi
3.       Beras yang sudah dicuci bersih, tiriskan
4.       Air dalam panci yang tingginya bisa merendam lontong, panaskan
Cara:
1.  Buat selongsongan dari daun pisang membentuk pipa, usahakan daun pisang yang digulung tebal dan rapat karena untuk menahan beras yang mengembang saat dimasak, agar tidak pecah dan keluar berasnya. Kunci salah satu bagian ujungnya menggunakan biting yang sudah disiapkan.
2. Isi beras hingga ½ bagian selongsongan tadi, kunci rapat dengan biting ujung seongsong yang masih terbuka.
3. Lakukan step 1 dan 2 hingga beras habis
4. Rebus dalam air di panci yang sudah didihkan, tunggu hingga air mendidih, baru kecilkan api dan bs ditinggal selama 3 jam (jika tidak menggunakan pressure cooker) atau 1 jam (menggunakan pressure cooker), untuk penggunaan panci biasa, sesekali di cek ricek, apakah airnya masih cukup atau tidak, jika lontong tidak terendam maka tambahkan lagi air yang sudah didihkan ke dalam panci berisi ontong tadi.
5. Catatan bagi aku: kmren saat buat lontong, salah satu selongsongan ada yang tidak tebal dan daunnya masih cenderung kaku, jadi karena itulah si nasi memekar dan memecahkan daun pisang tsb, dan pengisian beras yang terlalu banyak sangat berpengaruh pada hasil akhir lontong. Jika kemampuan space selongsongan tidak mampu jelas akan pecah. Next time, ngisinya cukup setengah saja dan daun dipastikan semua lunak dan begitu dibeli daunnya, langsung dibuat saat itu juga. Apabila daun lontong yang digunkan menguning atau kecoklatan maka hasil akhir ontong pun akan menguning kecoklatan, yang diharapkan hijau cantik seperti daun lontong segar. 😀
Opor Ayam ala mellyloveskitchen
Bahan:
1. 1 ekor ayam,  potong 10 atau 12 bagian, cuci bersih tiriskan, lumuri garam dan ketumbar halus secukupnya (aku selalu sedia ketumbar halus homemade sendiri)
2. Tempe 1 papan,iris tebal
3. Tahu putih 10 buah
4. Telur puyuh 20 butir, rebus dan kupas
5. Bumbu halus:
5 siung Bawang putih
5 butir kemiri
1 sdm peres ketumbar
6. 3 batang sereh, cuci bersih, geprek (tumbuk hingga gepeng)
7. 2 lembar daun salam, cuci bersih
8. Santan kental dari 1-2 kelapa (aku pakai 4 bungkus kara, jika kurang kental tambahkan 1 bgks lagi)
9. Garam secukupnya, sesuaikan dengan jumlah air yang digunakan
10. Gula secukupnya, sesuaikan dengan jumlah air yang digunakan
11. Lada  secukupnya
12. Ketumbar halus secukupnya, jika diperlukan tambahan
Cara:
1. Goreng ayam dengan minyak panas hingga kecoklatan, tiriskan
2. Tumis bumbu halus hingga harum, masukkan daun salam dan sereh, tambahkan air secukupnya
3. Setelah mendidih, masukkan tempe, tahu putih, telur puyuh, beri garam, gula, lada dan ketumbar halus, cek rasa, setelah mendidih, masukkan ayam yang telah digoreng
4. Tambahkan santan kental, aduk agar santan tidak pecah hingga mendidih…
5. Sajikan bersama lontong dan taburi dengan bawang goreng
6. Dijamiiinn pengen nambah teruuuusss
Bu Host makasi yaaa tantangannyaaa 😀 hihihihi… next time lebaran agaknya bakal buat lontong sendiri niiii… hihihihihiihihihihi…..


Leave a Reply


error: Content is protected !!